7 Cara Cerdas Pilih Sabun Bayi Terbaik

Avatar of PortalMadura.com
7 Cara Cerdas Pilih Sabun Bayi Terbaik
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak tidak terkecuali masalah perawatan tubuh seperti sabun mandi. Beragam produk untuk bayi beredar di pasaran. Namun, sebagai orang tua harus paham memilih yang cocok untuk si kecil.

Belum lagi kulit bayi sangat sensitif, untuk itu pemilihan sabun pun harus hati-hati. Oleh karena itu, bagi Bunda yang ingin membeli sabun untuk si kecil, ikuti beberapa cara ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (27/11/2019) dari laman haibunda.com yang dikutip dari beberapa sumber.

Berikut ini penjelasannya:

Hindari Bahan Kimia Berbahaya

Jangan hanya membeli populer hanya karena dari komentar positif. Ada beberapa sabun bayi yang memiliki pewarna, pengawet, dan bahan kimia lainnya yang bisa sangat keras pada kulit sensitif bayi. Environmental Working Group (EWG) memiliki database kosmetik yang memperingatkan bahan kimia tertentu pada sabun bayi.

Pilih Bahan Aman untuk Bayi

Cari bahan-bahan yang aman dalam sabun bayi, seperti gliserin, minyak kelapa, minyak kelapa organik, shea butter, minyak almond manis, minyak biji jojoba, minyak zaitun, bunga chamomile, oatmeal koloid, madu, ekstrak minyak rosemary, cocoa butter, dan air.

Pilih Sabun Bebas Wewangian

Sebagian besar wewangian yang digunakan dalam sabun bayi yaitu sintetis, dan diketahui menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Menurut dr.Anna Juniawati Putri Gunawan, Sp.KK, salah satunya yaitu menyebabkan iritasi kulit dan alergi. Paparan wewangian dalam waktu lama diketahui mempengaruhi sistem saraf pusat dan memiliki efek potensial pada sistem reproduksi juga.

Carilah Sabun Hypoallergenic

dr.Anna juga menyarankan untuk mencari produk bayi yang hypoallergenic. Ini karena untuk mencegah reaksi alergi atau iritasi pada kulit bayi terlebih jika bayi mengalami masalah kulit seperti eksim.

Alih-alih tergiur referensi oleh teman, pilihlah sabun bayi yang baik dengan bahan yang tepat untuk memastikan bahwa itu aman untuk anak. Ada banyak sabun bayi yang baik dan aman yang dapat ditemukan di toko-toko lokal atau online.

Pilih yang pH-nya Seimbang

Bunda akan sering melihat kalimat “pH netral” atau “pH seimbang” yang digunakan untuk menjelaskan produk perawatan kulit bayi. Skala pH yaitu dengan cara mengukur seberapa asam atau basa suatu zat.

Begini cara untuk mengetahuinya:

Skor rendah pada skala, pH1 hingga pH6, menunjukkan zat asam.
Skor yang lebih tinggi pada skala, pH8 hingga pH14 menunjukkan zat alkali.
Suatu zat yang tidak bersifat asam atau basa dikatakan sebagai pH netral atau pH7.

Kadar pH penting karena dalam beberapa minggu setelah kelahiran, permukaan kulit bayi berubah dari mendekati pH netral menjadi pH agak asam. Lapisan yang sedikit asam ini pada permukaan kulit bayi disebut mantel asam. Karena berfungsi sebagai penghalang untuk melindungi kulit bayi. Produk perawatan kulit yang dekat dengan tingkat pH kulit bayi tidak akan mengganggu lapisan pelindung ini.

Baca Juga: Budaya di Madura Berkembang Tak Lazim, dari Saweran Hingga Adegan Amoral

Hindari Sabun Antibakteri

Jangan menggunakan produk yang berlabel antibakteri pada kulit bayi. Ini karena produk antibakteri kebanyakan mengandung alkohol. Bahan antibakteri biasanya tidak ditambahkan ke produk yang diformulasikan untuk bayi.

Selalu Perhatikan Label pada Produk

Produk mandi dan perawatan bayi akan mencantumkan label yang perlu Bunda perhatikan. Berikut kalimat pada label mereka:

– Periode setelah pembukaan atau kedaluwarsa untuk menunjukkan berapa lama produk dapat disimpan
– Deskripsi untuk apa produk tersebut
– Peringatan apa pun yang mungkin diperlukan
– Nama pabrikan
– Daftar bahan

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.