7 Cara Efektif Mendidik Anak Agar Disiplin di Era Modern

7 Cara Efektif Mendidik Anak Agar Disiplin di Era Modern
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Di era modern ini, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua dalam mendidik si kecil agar menjadi pribadi yang disiplin. Berbagai macam cara biasanya diterapkan orang tua untuk bisa mencetak anak sebagai pribadi yang disiplin, mulai dari memilih bicara baik-baik, hingga menghukum si kecil jika melanggarnya.

Pada akhirnya, cara orang tua membuat anak menjadi pribadi yang disiplin akan berpengaruh pada cara mereka menerima pesan tersebut. Ada beberapa cara terbaik yang bisa dilakukan orang tua dalam membuat anak disiplin di era modern.

Baca Juga: Tak Perlu Marah-marah Bunda, Ini 5 Cara Disiplinkan Anak Sejak Dini

Berikut tujuh cara mendidik anak agar disiplin di era modern, dikutip Fimela.com dari laman Sheknows.com:

Memberi Hukuman

Ketika memutuskan untuk memberikan hukuman, orang tua tidak harus menyuruh anak tinggal di rumah selama berhari-hari. Hal ini justru akan menunjukkan bahwa mereka melakukan suatu kesalahan yang membuat hidup berhenti dan cara ini tidak benar.

Baca Juga:  Paud Budi Luhur Paberasan Perkuat Visi Misi Bupati Sumenep

Coba mulailah dengan mencegah anak melakukan hal yang mereka sukai, sehingga mereka menyadari bahwa ada sesuatu yang salah dengan cara yang positif.

Menyingkirkan Mainan Anak

Dengan menyingkirkan mainan anak akan memberi mereka pelajaran. Dengan menyingkirkan mainan si kecil, Anda sebagai orang tua akan mengajarkan tentang tanggung jawab, kedewasaan, dan empati kepada anak.

Berbicara dengan Tegas pada Anak

Bicara dengan anak berarti membuat percakapan dua arah. Tunjukkan rasa hormat dan empati Anda saat mendengarkan mereka, sehingga anak juga akan melakukan hal yang sama ketika Anda berbicara.

Memberi Tugas sebagai Konsekuensi

Untuk membuat anak menyadari akibat dari perilaku mereka, beri si kecil tugas yang harus diselesaikan. Cara ini terbukti efisien membuat anak menjadi pribadi yang disiplin di berbagai penelitian.

Baca Juga:  Paud Budi Luhur Paberasan Perkuat Visi Misi Bupati Sumenep

Jangan Mengabaikan Anak

Jika anak bertingkah aneh, bisa jadi mereka sedang meminta perhatian Anda. Tidak bijaksana untuk mengabaikan emosi anak yang sebenarnya berusaha meminta bantuan.

Puji Hal-hal yang Dilakukan Anak dengan Benar

Penguatan positif itu penting. Jangan terus mengungkit kesalahan anak, puji juga jika mereka melakukan hal-hal dengan benar.

Memberi Anak Batas Waktu

Orang tua perlu menerapkan batas waktu pada anak, karena hal ini penting dan efektif untuk dilakukan. Penetapan batas waktu bekerja sama efektifnya seperti memberi hukuman ringan pada anak.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.