oleh

7 Cara Hidup Hemat yang Mudah Dilakukan

PortalMadura.Com – Hemat pangkal kaya, semboyan itu bisa menjadi penyemangat seseorang untuk terus hidup hemat agar bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Dengan berhemat, pengeluaran jadi semakin minim. Sehingga dengan begitu uang bisa ditabung untuk kebutuhan yang lebih mendesak.

Meskipun hidup hemat dengan membatasi keinginan itu sangat menyiksa, namun jika itu dilatih sedini mungkin lambat laun akan menjadi satu kebiasaan yang tentunya positif. Selain itu, ini beberapa hal yang juga bisa Anda lakukan untuk mulai berhemat. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Bawa Bekal Makan Siang dari Rumah
Biaya makan siang di kantin atau warung yang dekat dengan wilayah perkantoran biasanya cukup mahal. Satu bungkus nasi ditambah lauk sederhana saja sekitar Rp 20 ribu, bahkan lebih, belum lagi ditambah es teh manis.

Daripada gaji bulanan ludes untuk makan siang saja, lebih baik bawa bekal makanan sendiri dari rumah. Jika Anda tidak sempat memasak, setidaknya bawalah nasi putih sehingga Anda cukup membeli lauk saja saat jam makan siang nanti.

Andalkan Transportasi Umum
Berangkat ke kantor dengan kendaraan pribadi memang lebih mudah dan nyaman. Ketika ada urusan mendadak sekalipun, Anda dapat langsung pergi menuju lokasi tujuan. Tapi kendaraan pribadi membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit, belum lagi bensin dan uang parkir.

Sebelum bepergian, sebaiknya pertimbangkan jarak yang ingin ditempuh. Jika jaraknya lebih menguntungkan menggunakan transportasi umum, misalnya dekat jalur busway atau kereta api, sebaiknya tinggalkan kendaraan pribadi di rumah. Anda hanya butuh sedikit sabar mengantri dan menunggu bus atau kereta, sedangkan tarifnya dijamin bisa menambah tabungan karena murah.

Tahan Kebiasaan ‘Lapar Mata’ dan Berhura-hura
Sesekali berhura-hura untuk menghilangkan penat tidak ada salahnya. Tapi jangan dijadikan kebiasaan atau terlalu sering dilakukan, mengingat sekali jalan ke tempat berfoya-foya butuh biaya yang tidak sedikit.

Anda harus rela merogoh kocek lebih hingga ratusan ribu. Sementara, kesenangan itu hanya sebentar saja. Setelahnya, Anda harus rela mengencangkan ikat pinggang demi memenuhi kebutuhan sebulan ke depan. Ganti dengan kegiatan positif lainnya yang bisa mengembangkan diri, seperti membaca buku, melakukan hobi, dan masih banyak lagi.

Matikan Arus Listrik saat Bepergian
Kabel listrik yang tidak terpakai sebaiknya jangan dibiarkan menempel di stop kontak, melainkan dicabut untuk mengurangi jumlah pemakaian arus listrik. Jika dibiarkan dapat mengakibatkan jumlah tagihan listrik membengkak, padahal arus listrik sama sekali tidak terpakai.

Jadi, kemanapun Anda pergi, pastikan sambungan arus listrik sudah dicabut. Jika Anda tidak punya waktu untuk mencabut kabel listrik yang terpasang, cukup matikan MCB (Miniatur Circuit Breaker) listrik di rumah, sehingga sambungan listrik terputus untuk sementara waktu.

Berhenti Mengoleksi Banyak Kartu Kredit
Kartu kredit memang memberikan banyak keuntungan. Selain mudah dan cepat, kartu kredit juga memberikan beragam promo menarik untuk menghemat pengeluaran. Tapi sayang, penggunaan kartu kredit yang tidak bijak akan mendorong Anda bersikap konsumtif yang akhirnya dapat memicu terjadinya penumpukan utang.

Manfaatkan Fasilitas Gratis
Menekuni hobi biasanya menguras biaya yang tidak sedikit, misalnya membaca. Bagi yang hobi membaca, membeli buku baru setiap bulan itu menjadi suatu hal yang wajib. Tapi karena harus berhemat, Anda perlu absen beli buku baru yang justru dapat menyebabkan hidup terasa hampa dan tidak bahagia.

Jangan khawatir, ada perpustakaan yang bisa dimanfaatkan. Di sana, Anda bisa membaca buku sepuasnya secara gratis. Kalaupun ada biaya, mungkin hanya sebatas biaya untuk mengurus kartu keanggotaan saja.

Atau, Anda bisa membaca buku secara online. Ada banyak buku-buku yang bisa dibaca melalui situ atau aplikasi. Begitu juga dengan hobi atau aktivitas lainnya. Kalau Anda bisa memanfaatkan fasilitas gratis untuk menghemat, jangan disia-siakan.

Lakukan Pola Hidup Sehat
Kalimat “kesehatan itu mahal harganya” memang benar adanya. Dan sebaiknya harus selalu melekat dalam pikiran. Sebab jika sudah jatuh sakit, harta yang telah terkumpul pun bisa lenyap dengan sekejab saja.

Sayangnya, rasa malas acap kali membungkam komitmen untuk beralih ke pola hidup yang lebih sehat. Padahal hidup sehat itu tidaklah sulit dan tidak harus mahal.

Dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, pola hidup sehat sudah terwujud sehingga uang yang disisihkan untuk berobat ke rumah sakit dapat dialihkan untuk membayar asuransi kesehatan.

Bertransaksi dengan kartu kredit boleh saja, tapi jangan sampai kebablasan. Hindari pula keinginan untuk melipatgandakan kartu kredit. Sebab satu atau dua kartu kredit saja sudah cukup agar tidak tergoda terus belanja hingga tidak terkendali. (liputan6.com/Desy)


Tirto.ID
Loading...

Komentar