oleh

7 Cara Hindari Penipuan Saat Beli Motor Bekas

PortalMadura.Com – Kendaraan merupakan alat transportasi yang saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Memilih kendaraan transportasi yang cocok untuk digunakan sangat penting. Bagi Anda yang berada di kota besar yang seringkali mengalami kemacetan sebaiknya menggunakan motor sebagai transportasi Anda.

Kebanyak orang memilih membeli motor bekas karena harganya lebih terjangkau, Namun Anda harus memerhatikan motor yang akan Anda beli, agar tidak mengalami penipuan.

iklan pilbup

Dilansir dari laman Kompas.com, Kamis (9/7/2020) berikut tujuh cara hindari penipuan saat membeli motor bekas:

Lakukan Riset

Sebelum Anda membeli motor sebaiknya lakukan riset, seperti menentukan jenis motor yang akan dibeli.

Kemudian setelah Anda menentukan jenis motor yang akan dibeli. Maka analisa harga pasaran dari motor yang Anda pilih karena setiap motor memiliki harga yang berbeda.

Cek Surat Kendaraan

Saat Anda membeli motor bekas sebaiknya cek kelengkapan surat-surat seperti, STNK dan BPKB. Hal ini untuk mengetahui kejelasan identitas pemilik motor dan menghindari dari kendaraan hasil curian.

Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Periksa secara teliti kecocokan nomor rangka maupun motor mesin dengan suratnya. Ini agar Anda tidak membeli motor hasil curian.

Cek Kondisi Mesin

Saat Anda membeli motor harus memeriksa kondisi mesin secara teliti. Perhatikan kondisi gasket untuk mengetahui motor itu memiliki masalah mesih atau tidak. Karena komponen ini yang menghubungkan bagian silinder dengan mesin tengah.

Suara Mesin

Anda tidak perlu mengecek suara mesin dengan menarik handel gas dengan kuat. Cukup dengan membiarkan mesin berjalan tanpa digas dan pastikan motor bisa langsam.

Kodisi List dan Cat Bodi Motor

Cek kondisi list dan cat bodi motor untuk mengetahui motor ini pernah jatuh atau tidak. List yang masih asli pada bodi motor biasanya tertutup rapi oleh lapisan bening pelindungnya.

Cek Kilometer

Saat Anda membeli motor bekas, jangan sampai terkecoh dengan kilometer motor yang masih rendah. Karena saat ini sudah banyak jasa yang dapat menyetel ulang speedometer.

Sebaiknya saat Anda membeli kendaraan bekas untuk lebih teliti dan membeli di tempat yang terjamin keamanannya. Pastikan pula motor yang Anda beli bukan hasil pencurian.

Semoga 7 Cara Hindari Penipuan Saat Beli Motor Bekas diatas dapat membantu anad yang saat ini hendak membeli motor bekas.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : kompas.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar