7 Cara Khatam Alquran dalam Waktu Sebulan

Avatar of PortalMadura.com
7 Cara Khatam Alquran dalam Waktu Sebulan
ilustrasi

PoertalMadura.Com – Umat muslim tahu, merupakan kitap suci umat Islam dan merupakan suatu pedonan dalam hidupnya. Alquran terdiri dari 30 juz dari dari setiap juz terdiri dari 10 lembar yang artinya masing-masing juz terdiri dari 20 halaman. Ada banyak keutamaan membaca Alquran selain mendapat pahala, Alquran juga dapat menengangkan jiwa manusia yang resah.

Membaca Alquran apalagi mengkhatamkannya terutama pada bulan Ramadhan, mungkin sudah menjadi rutinitas kita dalam beribadah. Sebab, pada bulan Ramadhan, setiap orang berlomba-lomba dalam melaksankan amal saleh. Namun, menghatamkan Alquran pada hari biasa mungkin jarang terjadi.

Sebagian besar orang beralasan bahwa mengkhatamkan Alquran di hari biasa akan lebih sulit sebab sibuknya aktivitas sehari-hari sehingga tidak ada waktu mengkhatamkannya dalam waktu sebulan. Perlu Anda ketahui bahwa semua itu mungkin saja terjadi apabila kita ada niat, Insya Allah semua itu akan terlaksana. berikut adalah tips mengkhatamkan Alquran dalam waktu satu bulan yang bisa Anda coba

1. Membuat target 1 hari dapat menyelesaikan 1 Juz sehingga 30 Juz dapat diselesaikan sebanyak 30 hari.

2. Setiap shalat 5 waktu, dalam satu waktunya sempatkan untuk membaca Alquran sebanyak 2 lembar atau 4 halaman.

3. Dapat dicoba dengan membaca Alquran sebelum dan sesudah Salat masing-masing 2 lembar atau 4 halaman.

4. Isi waktu luang Anda dengan sedikit-dikit membaca Alquran maka insya Allah akan khatam dalam sebulan.

5. Membuat catatan pada diri sendiri dengan setiap sebelum salat 4 halaman dan sesudah salat 4 halaman.

6. Yang terpenting adalah niat dari hati jika ingin mengkhatamkan Alquran dalam sebulan

7. Memastikan target yang ingin dicapai harus terlaksana

Bila Anda ingin mengkhatamkan Alquran sebanyak dua kali dalam sebulan. Anda tinggal membaca sebanyak 4 lembar dalam setiap waktu shalat seperti 4 lembar dibaca setelah shalat shubuh, 4 lembar dibaca setelah shalat dzuhur, 4 lembar dibaca setelah shalat ashar, 4 lembar dibaca setelah shalat maghrib dan 4 lembar dibaca setelah shalat isya.

Atau mungkin anda ingin mengkhatamkan Alquraan sebanyak tiga kali ? tentu saja bisa. Anda hanya perlu menambah berapa banyak halaman yang dibutuhkan dalam setiap kali shalat. Misalnya 3 lembar sebelum shalat dan 3 lembar setelah shalat. Jadi total yang and abaca dalam 1 kali waktu solat adalah 6 halaman. Apabila ditambah 5 waktu shalat maka totalnya per hari anda dapat membaca sebanyak 30 halaman.

Mengkhatamkan Alquran juga merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW, walau kebanyakan ulama berpendapat bahwa membaca Alquran tidak ada batasan hari, semua tergantung kekuatan dan semangat yang dimiliki setiap orang dan itu berbeda-beda. Bila sudah ada kerinanan seperti itu, kemudian tunggu apalagi ? Yuk baca Alquran. (dalamislam.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.