oleh

7 Cara Mudah Memasak dalam Porsi yang Besar

PortalMadura.Com – Sebagian orang tentu pernah memasak makanan dalam jumlah yang sangat besar. Biasanya, memasak dalam porsi besar digunakan untuk acara hajatan, syukuran ataupun pesta.

Kadang kala, seseorang merasa kebingungan saat disuruh memasak dalam jumlah besar. Alhasil, rasa makanan yang akan menjadi taruhannya. Sering kali beberapa hal kecil seperti lupa memasukkan bumbu atau bahan makanan lainnya menjadi mimpi buruk saat memasak.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Nah untuk meminimalisir hal tersebut, ada baiknya Anda mempersiapkan semuanya dengan matang terlebih dahulu. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menyajikan makanan dalam porsi besar.

Berikut ini tujuh cara memasak dalam porsi yang besar:

Matangkan Rencana
Tentukan empat atau lima resep yang akan Anda buat dalam satu sesi. Periksa kembali apakah Anda memiliki semua item rempah-rempah dan makanan yang dibutuhkan dalam resep.

Pilih Resep yang Tepat
Persiapkan makanan yang Anda kenal, dan makanan yang populer di keluarga. Carilah resep yang tepat untuk membuat makanan yang disukai semua orang. Jika memungkinkan, buatlah masakan yang pernah Anda kuasai

Miliki Wadah yang Tepat
Tentukan wadah atau tempat yang Anda butuhkan dan memilikinya sebelum memulai pekerjaan jika ingin sesi memasak menjadi efisien.

Potong Bahan-bahan Terlebih Dahulu
Hematlah waktu dengan memotong bahan makanan terlebih dahulu. Hal ini akan membuat sesi memasak Anda menjadi efisien.

Perhatikan dalam Memasak Sayuran
Untuk sup dan rebusan, perhatikanlah saat memasak sayuran Anda. Masak setengah matang, lalu terus dihangatkan ketika makanan akan disiapkan. Cara ini akan mencegah mereka menjadi lembek.

Baca Juga: Hindari 4 Kebiasaan Memasak yang Bisa Bikin Anda Tambah Gemuk

Biarkan Makanan Dingin Secara Alami Sebelum Disimpan
Biarkan semua hidangan mencapai suhu kamar sebelum membekukannya, tetapi setelah suhu ruangan habis, segera bekukan untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Untuk makanan yang dipanggang, yang terbaik adalah membekukannya segera setelah suhu ruangan untuk menjaga kesegaran.

Jangan Menggandakan Resep Kue
Jika makanan yang Anda buat adalah kue, maka janganlah sekali-sekali menggandakan resep kue Anda. Resep roti sama seperti kimia, itu adalah persentase dari setiap bahan yang membuat resep menjadi sukses. Ketika resep digandakan, persentase ini akan jauh dari keteraturan dan Anda tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar