oleh

Guys, Ini 4 Cara Jitu Rawat Cat Motor Supaya Tak Cepat Kusam

PortalMadura.Com – Merawat motor tidak hanya fokus pada mesin dan komponen logamnya saja, namun ada bagian lain pada motor yang juga perlu diperhatikan, yaitu bagian bodinya.

Bodi motor penting karena punya fungsi menunjang tampilan motor agar tetap keren dan enak dipandang mata. Maka dari itu, bagi pemilik motor, wajib memerhatikan kondisi cat di bodi motor supaya tetap selalu kinclong dan tidak mudah kusam.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Berikut empat cara merawat cat motor:

Mencuci Motor Secara Teratur
Tapi wajib diingat, selalu gunakan sabun yang khusus untuk mencuci motor. Gunakan selalu lap yang berbeda untuk mencuci bagian-bagian yang kotor. Terutama bagian atas motor dan kaki-kaki motor, yang meliputi mesin dan roda.

Lap Bodi Motor Sampai Kering
Setelah dicuci bersih, jangan lupa untuk selalu mengelap bodi motor sampai kering. Sebab, air yang tertinggal di bodi motor bisa membuat terbentuknya waterspot atau bercak jamur. Untuk itu, pastikan bodi motor dilap sampai kering pakai kain plas chamois (kanebo) atau microfiber.

Baca Juga: 5 Penyebab Cat Sepeda Motor Cepat Kusam, Apa Saja?

Jangan Pasang Stiker yang tidak Perlu
Hal yang perlu dihindari pengendara adalah memasang stiker yang tidak perlu. Jika stiker itu memang perlu (seperti stiker parkir langgangan atau akses jalur tertentu) maka apa boleh buat. Namun di luar itu, sangat disarankan untuk tidak menempel stiker di bodi motor. Karena beberapa jenis stiker ada yang lama-lama akan mengeras dan sulit dilepas.

Pemilihan Lokasi Parkir
Tempat parkir sedikit banyak ada hubungannya dengan kondisi cat motor. Sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari langsung saat parkir motor.

Bisa dengan mencari tempat yang teduh atau sekalian beli sarung motor biar pasti aman. Atau jika darurat, tutup bodi motor dengan jas hujan. Ingat, motor yang sering dijemur di ruangan terbuka, catnya bisa cepat kusam, apalagi untuk motor dengan cat-cat berwarna ngejreng seperti merah atau orange.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar