7 Fakta Unik Tentang Orang Kidal yang Jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.Com
7 Fakta Unik Tentang Orang Kidal yang Jarang Diketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan seseorang yang lebih sering menggunakan tangan kirinya dibanding tangan kanan untuk aktivitas sehari-hari. Mungkin terlihat aneh, tapi biasanya orang yang seperti itu mempunyai beberapa kelebihan yang tidak orang lain miliki.

Ternyata orang kidal diperkirakan hanya ada 15 persen dari populasi di seluruh dunia. Selain fakta itu, masih ada beberapa fakta unik lain tentang orang kidal yang perlu Anda tahu. Penasaran?

Berkut ini penjelasannya:

15 Persen dari Populasi
Para ilmuwan tidak yakin mengapa orang kidal begitu langka. Namun mereka menduga bahwa banyak orang yang lahir kidal, kemudian seiring berjalannya waktu, mereka beralih lebih sering menggunakan tangan kanan.

Punya Hari Spesial
Orang-orang kidal memiliki hari istimewanya sendiri. Setiap tanggal 13 Agustus diperingati sebagai Hari Kidal Internasional.

Banyak Tokoh Dunia yang Kidal
Banyak dari tokoh terkenal dunia yang kidal. Termasuk Barack Obama, Oprah, Bill Gates, Angelina Jolie, hingga Justin Bieber.

Banyak Dimiliki Anggota Keluarga Kerajaan Inggris
Kebiasaan menggunakan tangan kiri dalam kegiatan sehari-hari ini juga dimiliki oleh banyak anggota keluarga Kerajaan Inggris. Di antaranya yaitu Ibu Suri (ibunda Ratu Elizabeth II), Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, dan Pangeran William. Pangeran George juga disebut dominan menggunakan tangan kirinya.

Bayi yang dilahirkan oleh Ibu Berusia di Atas 40 Tahun, Kemungkinan Besar Kidal
Berdasarkan sebuah studi, bayi yang lahir dari seorang ibu berusia di atas 40 tahun lebih mungkin kidal. Studi ini diungkap oleh para peneliti di New England yang melibatkan 2.228 mahasiswa. Mereka yang lahir dari ibu berusia di atas 40 tahun memiliki tangan kidal dengan jumlah dua kali lebih besar dari yang lainnya.

Jari Tangan Kiri Jadi Alasan Meletakkan Cincin Kawin
Menurut budaya Romawi Kuno, cincin kawin diletakkan di jari tangan kiri karena dipercaya bahwa “pembuluh darah kekasih” bisa dihubungkan oleh jari manis di tangan kiri ke jantung.

Berpotensi Jadi Atlet yang Lebih Baik
Menurut penelitian, orang yang kidal disebut berpotensi jadi atlet yang lebih baik. Bukan karena mereka lebih kuat atau lebih cepat. Tetapi orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan lebih sulit bereaksi terhadap gerakan yang mengarah ke kiri tubuh. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.