7 Fraksi DPRD Sumenep Tolak Rencana Tambang Fosfat

Avatar of PortalMadura.com
7-Fraksi-DPRD-Sumenep-Tolak-Rencana-Tambang-Fosfat
Ketua DPRD Sumenep, Abd. Hamid Ali Munir (taufikurrahman @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Tujuh fraksi DPRD Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sepakat menolak rencana penambangan fosfat di Sumenep.

“Sepakat menolak rencana tambang fosfat,” kata Ketua DPRD Sumenep, Abd. Hamid Ali Munir, Jumat (2/4/2021).

Tujuh fraksi itu adalah, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Partai Amanat Nasional (PAN) Demokrat, Gerindra, dan gabungan fraksi Nasdem, Hanura, PKS (NHS).

Mereka menilai, fosfat merupakan salah satu kekayaan alam Kabupaten Sumenep yang harus dijaga. Bahkan, mereka sepakat fosfat itu muncul di Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan tidak untuk ditambang.

“Fosfat harus muncul di RTRW agar kita tidak dikelabui,” tandasnya.

Meski penambangan merupakan kewenangan pemerintah pusat, kata dia, Pemerintah Daerah (Pemda) juga memiliki izin prinsip dan berhak untuk menolak tambang.

Baca Juga:  Lucu, Unik dan Seru, Filosofi Lomba Estafet Sarung Ibu-Ibu PKK Sumenep

“Kalau tidak ada rekomendasi dari pemerintah daerah, meskipun pemerintah pusat tidak berhak melakukan penambangan,” ujarnya.

Maka pihaknya mengajak masyarakat untuk berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan agar tidak terjadi kerusakan dan pencemaran lingkungan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.