7 Hal yang Perlu Disiapkan Saat Touring di Musim Hujan Agar Aman

Avatar of PortalMadura.com
7 Hal yang Perlu Disiapkan Saat Touring di Musim Hujan Agar Aman
ilustrasi

PortalMadura.ComTouring bersama merupakan salah satu kegiatan yang sangat digemari banyak anak motor. Alasannya tidak terlepas dari para penikmat kendaraan sepeda motor itu sendiri. Selain itu, bikers juga bisa menikmati rute yang asyik dan panorama yang memanjakan mata.

Ketika musim hujan seperti sekarang ini, kegiatan pasti akan berbeda dengan kondisi cuaca yang terang. Tentunya yang harus dipersiapkan bukan hanya rencana destinasi yang akan disambangi. Artinya, Anda wajib mempersiapkan segala hal untuk kelancaran aktifitas selama perjalanan touring.

Nah, berikut ini tujuh hal yang patut disiapkan sebelum berangkat touring di musim hujan:

Jaket
Tidak semua jaket bisa dipakai untuk touring. Untuk touring diperlukan jaket yang tebal yang bisa menutupi tubuh dan menutupi bagian leher, pergelangan tangan, pinggul dan dilengkapi dengan sistem protector atau pelindung. Kalau di musim hujan, jaket ini juga bisa menghindarkan bikers dari dinginnya cuaca.

“Tujuan dari jaket yang desainnya menutupi anggota tubuh adalah untuk meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan,” ujar Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Motora (DAM), Asep Wawan.

Helm
Selain jaket yang wajib digunakan saat touring, helm juga menjadi salah satu perangkat safety yang wajib digunakan oleh bikers. Pastikan helm yang digunakan memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), baik yang helm half face dan full face. Sesuaikan ukuran helm dengan kepala pengendaranya.

“Menggunakan helm yang tidak pas dengan pengendaranya akan membuat perlindungan menjadi kurang maksimal dan juga membuat pengguna tidak merasa nyaman,” ujar Asep.

Bagian helm yang tidak kalah penting adalah tali pengikat helm beserta pengancingnya, jika berkendara pastikan tali helm telah terkunci dengan sempurna. Pastikan sirkulasi udara di dalam helm berjalan dengan baik agar tidak menimbulkan kabut berlebihan dari nafas sendiri. Kalau perlu gunakan anti fog yang banyak dijual di toko helm.

Pakaian Ganti dan Alas Kaki
Tentunya aktifitas touring merupakan kegiatan yang menempuh jarak jauh, untuk itu perlu mempersiapkan pakaian ganti selama touring berjalan. Selain itu, perlu mempersiapkan alas kaki yang sesuai. Terutama di saat hujan, Anda akan sering melakukan penggantian pakaian.

Disarankan pada saat perjalanan touring, gunakanlah sepatu touring yang terbuat dari bahan kuat dan tahan air serta tentunya nyaman digunakan. Sepatu touring yang bagus pasti mempunyai 3 bagian pelindung, yaitu pelindung pada bagian mata kaki (ankle), tulang kering (bone shine) dan jari kaki (toe slider).

Jas Hujan
Saat ini cuaca di sejumlah kota memang sedang memasuki musim hujan dan untuk kenyamanan saat berkendara, perlu mempersiapkan jas hujan yang berwarna terang karena pada saat hujan jarak pandang akan berkurang.

Namun jika intensitasnya cukup tinggi dalam kadar yang besar, sebaiknya berhenti menunggu mulai reda. Jika memaksakan dalam kondisi hujan deras, dikhawatirkan terjadi kondisi pengereman yang tidak optimal atau pohon tumbang yang membahayakan bikers.

Obat dan P3K
Hal lain yang wajib diperhatikan adalah adanya obat-obatan dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dalam perjalanan touring menggunakan sepeda motor. Karena selama perjalanan bisa saja dihadapkan pada hal-hal yang tidak terduga. Untuk itu, perlu dipersiapkan kebutuhan obat khususnya bagi bikers yang memiliki obat khusus pribadi yang sangat penting untuk dibawa.

Kendaraan
Sepeda motor pun perlu dipersiapkan mulai dari kondisi ban, rem, sistem kemudi dan juga mesin tentunya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa membahayakan diri sendiri ataupun orang lain. Karena faktor keselamatan adalah yang paling utama.

Siapkan Kondisi Fisik
Jika kendaraan sudah siap maka yang selanjutnya adalah perlu mempersiapkan kondisi fisik pengendara. Jaga kondisi sebelum touring, istirahat yang cukup, hindari bergadang karena akan memerlukan fokus yang ekstra selama touring.

Beristirahatlah jika sudah merasa lelah selama touring untuk menghindari kecelakaan diakibatkan kondisi fisik yang lelah atau mengantuk. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.