7 Kunci Sukses Hadapi Ujian Nasional

Avatar of PortalMadura.Com
7 Kunci Sukses Hadapi Ujian Nasional
Ist.Net

PortalMadura.Com – Ujian Nasional merupakan momok yang sangat menakutkan bagi sebagian pelajar. Mereka akan mengalami rasa takut, panik, cemas bahkan akan mengalami stress. Sehingga akan mengubah konsentrasi menjadi hal yang negatif dan menurunkan performa otak.

Tapi, jangan khawatir! Kamu tidak perlu takut untuk menghadapi Ujian Nasional tahun ini, kok! Karena, kali ini kami akan menyuguhkanmu berbagai macam kunci agar kamu sukses menghadapi Ujian Nasional 2016. Mau tahu apa saja kunci suksesnya? Yuk simak!.

Jaga Kesehatan
Untuk beberapa hari ke depan pasti kamu akan penuh dengan banyak kegiatan.Baik itu dengan rutinitas biasa, ataupun dengan rutinitas tambahan seperti bimbel, belajar kelompok atau sejenisnya.

Oleh karena itu, menjaga tubuh tetap fit merupakan sebuah keharusan. Jangan sampai semua rutinitas yang sudah kamu jadwalkan dengan baik berantakan karena kamu harus terbaring lemah di tempat tidur.

Persiapkan Diri dengan Banyak Berlatih dengan Soal
Dari tahun ke tahun, yang namanya ujian nasional ya seperti itu, soalnya pun tidak jauh berbeda. Untuk itu banyak banyaklah berlatih soal, pahami setiap bentuk soal. Pada dasarnya yang berbeda hanyalah susunan kalimatnya saja, konsepnya tetap sama. Satu konsep kamu kuasai, insya-Allah soal seperti apapun akan mudah kamu hadapi.

Buat Jadwal Belajar, dan Fokuslah pada Satu Hal
Yang ini juga tak kalah penting sob, suatu hal yang terstruktur dan terpola secara rapi maka hasilnya juga akan memuaskan. Sisakan waktumu cukup satu jam perhari untuk fokus belajar satu mata pelajaran. Dan sisanya kamu bisa bermain sepuasnya sebagai hadiah dari belajarmu, insya-Allah jika kamu konsisten dengan jadwal yang sudah kamu buat, hasilnya pasti dahsyat

Tetap Tenang dan Percaya Diri
Yakinkan pada diri kamu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik. Karena percaya diri merupakan poin penting dari salah satu kesiapan dalam ujian nasional. Tanpa adanya kepercayaan diri terkadang otak kita bisa blank hilang konsentrasi. Caranya bisa dengan duduk yang tenang, santai, rileks.

Disiplin dalam Belajar
Tidak disiplin dan suka menunda-nunda dalam belajar merupakan hal yang merusak persiapan ujian. Untuk mengatasi ini, kamu harus memiliki Kunci Sukses ini yaitu berdisplin diri dan berperang dengan penundaan.

Tinggalkan Hal yang Kurang Bermanfaat
Mulai sekarang mau tidak mau kamu harus mualai mendaftar kebiasaan-kebiasaan kurang penting yang selama ini sering kamu lakukan. Cobalah untuk mengurangi porsinya, bahkan bila perlu tidak ada salahnya kamu ambil tindakan ekstrim yaitu dengan meninggalkannya.

Awali dan Akhiri dengan Berdoa
Sebelum kita mulai mengerjakan dan sesudah mengerjakan jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar diberikan hasil yang baik. Kita hanya bisa berusaha, Tuhan yang menentukan. Tuhan senantiasa akan melihat kesungguhan usaha kita. Tuhan pun akan melihat kesungguhan hambaNya untuk melakukan suatu usaha jika hambaNya mengiringi usahanya tersebut dengan berdoa. (klikedukasi.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.