oleh

74 Siswa SD di Sumenep Ikuti Seleksi Lomba OSN MIPA

PortalMadura.Com, Sumenep – Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika dan IPA (MIPA).

Lomba tersebut diikuti oleh 74 peserta, terdiri dari perwakilan masing-masing Sekolah Dasar (SD) atau sederajat di Kabupaten Sumenep yang dimulai hari, Kamis (14/3/2019).

Dijadwalkan, peserta yang ditentukan dari kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar (SD) atau sederajat akan melaksanakan tahap seleksi selama dua hari yakni tanggal 14-15 Maret 2019, bertempat di gedung KPRI Serba Usaha Jl. Urip Sumoharjo.

Lomba hari pertama, siswa melaksanakan tes tulis berupa soal multiple choice dan essay. Sedangkan pada hari kedua (15/3/2019), siswa berhadapan dengan tes eksperimen dan eksplorasi.

Lomba tersebut berdasarkan panduan teknis yang telah ditatapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI).

Kabid Sekolah Dasar Diknas Sumenep, Fajar, menjelaskan, 15 peserta peringkat terbaik Matematika dan 15 peserta terbaik IPA akan dilakukan pembinaan untuk selanjutnya akan ditentukan kejuaraan dan mewakili Sumenep ketingkat Jatim di Surabaya pada tanggal 28 Maret 2019.

“Nanti dari seleksi hari ini dan besok kita akan umumkan sesuai kejuaraannya. Juara satu, dua, tiga serta satu, dua, dan tiga harapan dari masing-masing IPA dan Matematika,” urainya.

Dikatakan 15 peserta terpilih dari Matematika dan IPA akan mendapatkan pembinaan khusus. “Kami menggandeng tenaga ahli untuk memberikan pembinaan dan penguatan dalam rangka itu,” katanya.

Selain pemandu dari daerah juga ada pemandu dari nasional yang didatangkan khusus dari ITB atau ITS. Itu dilakukan agar benar-benar berkualitas.

Menurutnya, olimpiade ini tidak hanya sebatas nasional, tetapi akan berlanjut hingga internasional bagi peserta terbaik. Hanya saja, masih menunggu petunjuk dari pusat sambil memberikan upaya yang terbaik.

Pihaknya berharap, para peserta olimpiade tahun 2019 ini lebih baik dari tahun kemarin. Tahun lalu, Sumenep berhasil meraih nominasi Nasional dengan mendapatkan medali perunggu.

“Tahun ini targer kita kembali masuk juara nasional, ya paling tidak juara dua lah, apalagi sampai juara satu. Insyaallah bisa, siswa kita pintar pintar kok,” pungkasnya.

Sebelumnya, Diknas Sumenep telah melaksanakan tahap seleksi tingkat kecamatan pada awal bulan Maret 2019.

Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar