8 Cara Jitu Atasi Mobil yang Mogok di Tengah Jalan

Avatar of PortalMadura.com
8 Cara Jitu Atasi Mobil yang Mogok di Tengah Jalan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Berkendara menjadi sangat menyebalkan ketika mobil tiba-tiba saja mogok. bisa terjadi pada siapapun, sekalipun pada mobil baru. Umumnya, mobil mogok disebabkan oleh 2 hal, terganggunya sistem kelistrikan mobil (busi, aki, koil, dll) dan terganggunya sistem pasokan bahan bakar (selang bensin, karburator, pompa bensin, dll).

Tidak perlu khawatir jika mobil Anda mogok di tengah jalan. Disini ada cara bagaimana mengatasinya jika terjadi mesin mati di jalan, dilansir PortalMadura.Com, Senin ( 16/03/2020), dari laman Okezone.com:

Dorong Mobil Ke Pinggir

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ketika mobil mogok adalah meminggirkan mobil ke tepi jalan. Hal tersebut sangat penting agar tidak mengganggu lalu lintas. Selanjutnya, Anda bisa lebih leluasa memperbaiki kondisi mobil atau mencari tahu serta menyelesaikan masalah yang ada.

Periksa Lampu Indikator

Jangan lupa cek lampu indikator mobil, sebelum melakukan perjalanan terlebih dahulu, letak lampunya biasanya digabungkan dengan odometer (speedometer mobil). Lampu indikator ini memiliki banyak simbol antara lain, simbol aki, simbol air radiator, simbol oli, simbol rem, simbol bahan bakar, simbol mesin, dan lain-lain.

Lampu indikator pada mobil sebenarnya terdiri atas 3 warna yakni merah, kuning dan hijau. Masing-masing warna lampu memiliki fungsi masing-masing.

Warna hijau menandakan bahwa fungsi normal, kuning menandakan adanya peringatan sedangkan warna merah harus diperbaiki karena telah rusak, prinsipnya seperti lampu lalu lintas merah kuning dan hijau.

Aki atau Accu / Baterai

Ketika mobil Anda mogok, bisa jadi masalahnya ada pada aki yang tidak kuat starter. jika mobil tidak kuat starter mungkin akinya tersebut lemah Sebaiknya, coba Anda periksa level ketinggian air aki jika pada aki basah dan periksalah kabel aki. Karena, kabel aki yang longgar atau kotor bisa menyebabkan mesin tidak kuat starter.

Jika kabel aki longgar maka kencangkan dan jika kotor buka dan bersihkan terlebih dahulu. Cek juga kondisi setrum aki. Kabel aki longgar juga dapat membuat aki tidak mengisi dan kurang strum. Adapun solusinya untuk menghidupkan mobil tidak kuat starter bisa dengan cas aki dulu, didorong atau di pancing (jumper) menggunakan aki dari mobil lain.

Sikring

Sikring yang putus atau sekadar longgar juga bisa membuat mobil mogok. Sikring yang berhubungan dengan mesin (engine) jika putus maka tidak akan menyala saat Anda memutar kunci kontak pada posisi on. Tentu ini akan membuat mobil tidak bisa starter dan lainnya.

Pompa Bensin, dan Karburator

Pompa bahan bakar yang mati juga membuat mobil tidak hidup. Ketika kunci kontak pada posisi on, maka indikator pompa rotax dan fuel pump injection akan langsung hidup dan terdengar bunyi. Jika penyebabnya karburator, maka biasanya terkena banjir pada karburator. Karena karburator banjir akan membuat busi menjadi basah.

Oleh karena itu, untuk memperbaiki karburator banjir Anda perlu bongkar dan bersihkan karburator atau Anda coba cara alternatif dengan membuang bensin di karburator lewat baut pembuangannya.

Busi dan Kabel Busi

Hal yang terlintas di benak Anda ketika mobil mogok adalah busi dan kabel. Maka dari itu, coba Anda buka semua busi. Jika misal kotor bersihkan dan untuk mengecek busi caranya cek dulu kabelnya.

Baca Juga : Motor Mogok Terendam Banjir, Lakukan 6 Hal Ini

Koil

Komponen koil untuk bagian ini jarang terjadi masalah. Jika terjadi masalah biasanya hanya terjadi pada kabel yang putus atau copot dari soket. Gejala koil akan mati atau kurang setrumnya jika panas dan akan normal kembali setelah dingin.

Dinamo Starter dan Pengisian / Alternator

Ketika mobil Anda tidak bisa starter padahal kondisi aki bagus, besar kemungkinan masalah tersebut terjadi pada dinamo starter. Untuk itu, cek dahulu kabel yang ke dinamo starter. Mungkin saja ada yang copot.

Pada bagian ini, jika misal lampu indikator aki menyala saat mesin hidup, tandanya itu, dinamo tidak mengisi. Karena itu, segera perbaiki karena akan membuat mobil mogok saat setrum aki habis.

Dari penjelasan di atas itulah cara mengatasi mobil mogok di tengah jalan. Semoga Bermanfaat!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.