8 Cara Jitu Bikin Ponsel Android Anti Lemot

Avatar of PortalMadura.Com
8 Cara Jitu Bikin Ponsel Android Anti Lemot
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian besar masyarakat sudah menggunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Semahal apa pun perangkat yang ditawarkan saat akan membeli, jika lama kelamaan digunakan kecepatannya akan menurun.

Nah untuk menghindari hal itu, Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar performa ponsel Android Anda tetap ngebut. Penasaran?

Berikut ulasannya:

Gunakan Files Go
Aplikasi besutan Google ini akan mempermudah Anda untuk mengatur dan membersihkan slot penyimpanan file pada ponsel. Desainnya yang simpel memudahkan untuk Anda menggunakannya.

Files Go punya dua bagian, Storage dan Files. Tekan Storage untuk melihat seberapa banyak ruang penyimpanan di ponsel yang masih tersedia.

Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan
Sejumlah perangkat yang tidak menjalankan Android polosan kerap disematkan sejumlah aplikasi besutan vendor ponsel. Padahal aplikasi tersebut jarang atau malah tidak digunakan pengguna.

Sayangnya aplikasi ini tidak semuanya bisa dihapus. Kendati begitu pengguna dapat menonaktifkannya. Caranya menekan Settings > Apps. Tekan pada aplikasi yang tidak dikenal, lalu pilih Uninstall atau Disable.

Lakukan hal serupa pada aplikasi yang Anda instal namun jarang digunakan. Selain dengan cara di atas, Anda bisa menggunakan Files Go untuk meng-uninstall aplikasi yang jarang dipakai.

Pakai Aplikasi Ringan
Jika ponsel yang Anda pakai terbatas RAM dan memori internalnya, disarankan menggunakan aplikasi versi ringan. Saat ini sejumlah developer merilis versi lite dari aplikasinya, contohnya YouTube Go, Twitter Lite, Skype Lite, Facebook Lite dan lain-lain.

Instal Update
Jika ada pembaruan sistem operasi disarankan segera menginstallnya. Sebab pembaruan tersebut kerap membawa sejumlah peningkatan pada performa. Untuk melakukan pengecekan, buka Settings > About Phone > System Update.

Home Screen
Menggunakan Live Wallpaper memang menarik, tapi bisa membuat ponsel melambat. Disarankan memakai wallpaper biasa.

Launcher
Sejumlah launcher bawaan vendor kerap melambatkan performa ponsel. Coba ganti dengan launcher yang ringan, misalnya Google Now Launcher.

Background
Aplikasi yang berjalan di latar belakang cenderung menguras baterai. Jadi sangat disarankan untuk rutin memantau penggunaan baterai telpon. Caranya buka Settings > Battery. Jika melihat aplikasi yang tidak normal, tekan Force Stop.

Nonaktifkan Bluetooth
Menonaktifkan Bluetooth yang tidak digunakan akan menghemat baterai.

Optimasi Baterai
Kebanyakan aplikasi optimasi baterai cenderung kurang bermanfaat. Malah Anda dihujani banyak iklan. Jadi sebaiknya Anda menghapusnya saja. (detik.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.