oleh

8 Cara Jitu Simpan Sisa Makanan Lebaran Agar Tak Mubazir

PortalMadura.Com – Tradisi masyarakat Indonesia saat merayakan Idul Fitri selalu dengan beragam jenis hidangan lezat. Sayangnya, terkadang banyak sisa makanan lebaran yang pada akhirnya tidak habis disantap oleh sanak saudara.

Jika sudah demikian, tentu akan sangat disayangkan bila kudapan lezat tersebut harus terbuang sia-sia. Sisa makanan lebaran akhirnya menjadi mubazir.

Nah agar tidak mubazir, Anda bisa menyimpan sisa makanan dan mengonsumsinya kembali pada waktu yang diinginkan. Kendati demikian, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar kualitas makanan tetap terjaga dengan baik.

Berikut delapan cara menyimpan sisa makanan agar awet dan tetap lezat:

Masukan ke Dalam Kulkas
Segera masukan sisa makanan ke dalam lemari pendingin. Suhu dingin akan mencegah perkembangbiakan bakteri berbahaya. Perlu diingat, bahwa sisa makanan yang bisa Anda dinginkan hanya makanan yang baru didiamkan selama kurang dari 2 jam. Namun, bila sisa makanan sudah ditinggalkan lebih lama, sebaiknya buang sisa makanan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi Dalam Wadah Kecil
Bila makanan yang tersisa masih dalam jumlah besar. Sebaiknya bagi dalam wadah-wadah kecil dan dangkal (tidak terlalu dalam). Hal ini dilakukan agar proses pendinginan di dalam lemari es berlangsung cepat.

Pisahkan Makanan Tertentu
Pisahkan pula sisa makanan berbahan dasar daging ayam maupun daging merah seperti daging sapi. Tujuannya adalah untuk menjaga rasa makanan agar tidak bercampur aduk.

Loading...

Boleh Memasukkan Makanan Panas ke Dalam Kulkas
Jangan ragu untuk memasukkan sisa makanan yang masih dalam bersuhu panas ke dalam kulkas, asalkan jangan keseringan. Namun, perhatikan secara seksama, agar tidak membebani wadah terlalu banyak. Udara dingin harus bersirkulasi untuk menjaga kualitas makanan.

Baca Juga: 4 Cara Tepat Simpan Makanan di Kulkas Selama Puasa Ramadan

Masukan Makanan ke Dalam Freezer
Ingin sisa makanan bertahan hingga 3-4 hari?. Masukanlah ke dalam freezer dengan jumlah yang wajar. Meski bakteri tidak dapat mengontaminasi makanan, perlu Anda ketahui bahwa semua makanan yang dibekukan sebaiknya digunakan dalam jangka waktu yang wajar untuk kualitas terbaik.

Panaskan dengan Suhu 75 Derajat Celcius
Panaskan kembali sisa makanan hingga suhu 75 derajat celcius atau sampai hangat dan mengepul. Untuk jenis makanan berkuah seperti sup, harus dihangatkan hingga mendidih.

Gunakan Wadah yang Aman
Jika Anda hendak menghangatkan kembali sisa makanan dengan microwave, maka gunakanlah wadah yang aman sebelum menghangatkannya. Selain itu, lepaskan pula bungkus plastik atau styrofoam pada makanan.

Balikkan Hidangan Secara Berkala
Saat menghangatkan sisa makanan lebaran dengan microwave, sebaiknya balikkan hidangan secara berkala. Hal ini dimaksudkan agar semua bagian makanan yang telah didinginkan kembali hangat secara merata.


Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE