8 Cara Mengobati Batuk pada Anak Secara Alami

Penulis: M. ZakariyaEditor: Firman G. A.
8 Cara Mengobati Batuk pada Anak Secara Alami
8 Cara Mengobati Batuk pada Anak Secara Alami

PortalMadura.com– Bagi anda orang tua, Batuk dan pilek menjadi penyakit yang sering menyerang anak anda, berikut ini Mengobati Batuk pada Anak Secara Alami yang dapat dilakukan di rumah.

Cara mengobati batuk anak Anda dengan bahan alami yang dapat membantu anak Anda merasa nyaman dan memaksimalkan pemulihan cepat dari batuk dan pilek. Bahan alami dianggap aman dan tidak memiliki efek samping serta digunakan sebagai herbal penekan batuk anak.

Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui cara mengobati batuk anak dengan bahan alami. Berbagai bahan alami yang tersedia di rumah dapat digunakan untuk meredakan batuk pada anak. Setidaknya orang tua bisa bernapas lega dengan menggunakan obat penekan batuk alami ini.

8 Cara Mengobati Batuk pada Anak Secara Alami

Berikut portalmadura.com mengulas cara menggunakan bahan alami dari berbagai sumber untuk mengobati batuk pada anak.

1. Jahe dan Kencur

Cara pertama mengobati batuk anak dengan bahan alami adalah dengan menggunakan jahe dan kencur. Agar lebih menyenangkan bagi anak-anak, dapat dicampur dengan madu agar aroma dan rasanya lebih menyenangkan bagi anak-anak.

Untuk menggunakan jahe sebagai penekan batuk alami, Anda bisa mencincang dan menumbuk jahe dan kencur, lalu merebusnya dalam air panas selama beberapa menit. Setelah hangat, Anda bisa menggunakan jahe dan kencur sebagai penekan batuk alami.

2. Air Garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara mengobati batuk pada anak. Hal ini efektif untuk mengatasi batuk yang disebabkan oleh tenggorokan gatal.

Cukup campurkan satu sendok teh garam ke dalam 240ml air hangat dan bilas mulut dengannya, hal ini dapat meredakan gatal-gatal penyebab batuk.

Cara ini sangat sederhana, namun jika anak masih berusia di bawah 6 tahun, orang tua harus ekstra hati-hati. Hal ini dikarenakan anak pada usia ini belum dapat berkumur dengan baik.

Jadi, jika Anda memang ingin menggunakan air garam untuk meredakan batuk anak Anda, pastikan dulu anak Anda berkumur dengan benar.

3. Madu dan Jeruk Nipis

Cara mengatasi batuk anak selanjutnya adalah dengan menggunakan madu. Ini cara yang sangat sederhana untuk membuat minuman dengan 2 sendok teh madu, teh herbal atau air hangat dan air jeruk nipis.

Komponen antimikroba dalam madu dapat membantu melawan virus penyebab pilek. Selain itu, rasa manis madu membantu produksi air liur, yang mengencerkan lendir dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Namun, tidak dianjurkan untuk anak di bawah 1 tahun.

4. Minum air putih

Cara mengatasi batuk anak, maka orang tua bisa mencegah dehidrasi dengan memastikan anaknya cukup minum air putih. Orang tua juga bisa memberikan ASI yang cukup jika anak masih menyusui. Jangan biarkan anak Anda mengalami dehidrasi, karena hal ini dapat membuat batuk anak Anda semakin parah.

5. Nanas

Obat batuk anak-anak lain adalah makan nanas. Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan bromelain dalam nanas dapat meredakan batuk dan juga meredakan lendir di tenggorokan.

Untuk mendapatkan manfaat buah nanas ini, anak-anak dapat mengkonsumsi buah nanas atau 100ml jus nanas segar 3 kali sehari.

6. Uap Bawang

Untuk bayi dan anak-anak, Anda bisa menggunakan bawang merah sebagai penekan batuk alami. Cara mengukus bawang merah untuk batuk anak adalah dengan memotong bawang bombay menjadi beberapa bagian dan meletakkannya di samping tempat tidur.

Dengan cara ini, anak akan menghirup uap yang berasal dari irisan bawang. Uap atau aroma irisan bawang merah dikatakan membantu meredakan batuk agresif.

7. Minyak esensial

Cara lain untuk mengatasi batuk anak adalah dengan menggunakan minyak esensial. Saat dioleskan ke tenggorokan dan hidung, minyak ini sangat populer dan efektif meredakan batuk.

Meski begitu, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai penggunaan minyak esensial. Karena tidak semua essential oil aman untuk anak kecil.

8. Jus lemon hangat

Cara lain untuk mengobati batuk pada anak adalah dengan jus lemon. Lemon mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi dahak pada anak. Selain itu, meredakan pilek dan infeksi saluran pernapasan.

Jika anak batuk, ibu bisa memberinya satu sendok teh jus lemon setiap tiga jam. Namun, seimbangkan dengan air hangat. Karena lemon bisa sakit tenggorokan akibat batuk.

Itulah ulasan terkait 8 Cara Mengobati Batuk pada Anak Secara Alami.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.