Avatar of PortalMadura.com
dok. Kafe Gua Soekarno Sumenep (Foto. PortalMadura.Com)

PortalMadura.Com, – Menyebut nama gua sering kali identik suasana seram, pengap dan terbayang rasa capek jika harus berkunjung.

Pikiran mainstream ini akan hilang jika sudah tahu keindahan gua yang belakangan ini didandani oleh sentuhan tangan-tangan terampil.

Penataan ruangan gua dengan lighting lampu warna-warni dan menjadikan gua salah satu tujuan wisata, pikiran mainstream itu akan hilang.

Baca Juga : Destinasi Wisata Baru, Gua Soekarno Sumenep Yang Eksotis Nan Memikat

Suguhan eksotisme pemandangan stalaktit dan stalagmit menciptakan keindahan tersendiri dalam gua yang tidak di dapat di ruangan manapun.

Yuk intip keindahan gua yang tersebar di dunia dan saat ini dijadikan kafe. Keberadaan gua itu menjadi jujukan para wisatawan.

1. Soekarno Sumenep, Indonesia

8 Kafe dalam Gua Yang Lagi Hits, Satu Ada di Sumenep Madura
Kafe Gua Soekarno Sumenep (Foto. PortalMadura.Com)

Kabupaten Sumenep yang kaya dengan potensi alamnya, salah satunya wisata. Saat ini hadir sebuah . Disebutya, Kafe Gua Soekarno Sumenep.

Letaknya ada di Desa Panaongan, Desa Pasongsongan, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Hanya membutuhkan 40-45 menit perjalanan darat dari kota Sumenep.

Setiap harinya ribuan pengunjung telah merasakan menu kafe yang memiliki khas lokal Sumenep. Kafe ini buka setiap pukul 08.00 WIB – 22.00 WIB dengan dilayani para wanita cantik berhijab. Mereka asli masyarakat sekitar.

Segala macam kopi alami dan minuman lainnya serta makanan instan dapat dipesan. Stalaktit dan stalagmit yang dihiasi dengan lighting lampu warna-warni sambil memandang tembus ke langit bebas terasa ada di surga dunia.

2. Samabe Cave Dinner, Indonesia

8 Kafe dalam Gua Yang Lagi Hits, Satu Ada di Sumenep Madura
Samabe Cave Dinner, Indonesia (Foto. www.storify.com)

Bila menginginkan suasana yang tenang dan lebih private, Samabe cave dinner sangat tepat bila berkunjung ke Bali. Gua ini terletak di Jalan Pura Barong, Nusa Dua, Kuta. Gua ini bisa dibooking hanya untuk berdua.

Menu masakan seafood dan barbeque dengan hiasan lilin cantik dapat dinikati. Gua ini dibuka pada pukul 18.00 – 22.30 WIT.

3. Alux Restaurant Bar And Lounge, Mexico

8 Kafe dalam Gua Yang Lagi Hits, Satu Ada di Sumenep Madura
Alux Restaurant Bar And Lounge, Mexico (Foto. www.aluxrestaurant.com)

Alux Restaurant Bar And Lounge menyuguhkan sensasi makanan dalam gua alami nan unik. Gua ini terletak di Playa del Carmen, Mexico dengan kapasitas 250 orang.

Makanan khas laut mexico seperti lobster bahkan sampai minuman cocktail dapat dipesan. Pembatasan kunjungan diberlakukan bagi anak usia dibawa 12 tahun. Maksimal kunjungan anak-anak hanya sampai pukul 07.00 malam waktu setempat.

Gua ini umumnya sering dijadikan prosesi lamaran para kaum adam atas kekasih pujaannya.

4. , Kenya

8 Kafe dalam Gua Yang Lagi Hits, Satu Ada di Sumenep Madura
Ali Barbour's Cave Restaurant, Kenya (Foto. www.primerec.co.uk)

Gua ini memberikan sensasi yang begitu kental dengan atmosfir romantis. Atap yang alami dari celah gua sengaja dibiarkan menjadi atap terbuka. Pengunjung dapat menyaksikan keindahan langit malam hari yang bertabur bintang.

Hidangan seafood segar menjadi andalannya. Ali Barbour's Cave Restaurant dapat menampung sampai 60 orang dan cocok untuk sebuah pesta pernikahan.

5. Grotta Palazzese, Italia

8 Kafe dalam Gua Yang Lagi Hits, Satu Ada di Sumenep Madura
Grotta Palazzese, Italia (Foto. www.grottapalazzese.it)

Gua ini berada di kota Polignano e Mare, bagian selatan Italia. Lokasinya tepat berada 22 meter diatas permukaan laut. Suara deburan ombak yang menghantam bebatuan pinggir gua dan desiran angin memberikan atmosfir tersendiri.

Terumbu karang yang mempesona dan jernihnya air laut adriatik menjadi menu sajian untuk para pengunjung.

Interiornya sangat eksotis, mewah sekaligus alami. Ini tercipta dari perpaduan antara lampu temaram dan kontur alami dinding serta langit langit gua.

Sayangnya, gua ini hanya dibuka untuk pengunjung pada bulan Mei sampai Oktober saja.

6. Osteria Del Tempo Perso, Italia

8 Kafe dalam Gua Yang Lagi Hits, Satu Ada di Sumenep Madura
Osteria Del Tempo Perso, Italia (Foto. www.osteriadeltempoperso.com)

Casual dining restaurant Osteria Del Tempo Perso menyajikan makanan khas Puglian yang terkenal dengan masakan daging panggang.

Istimewanya, juga menyediakan hidangan aneka menu vegetarian dan yang bebas gluten. Sayangnya, restaurant dalam gua ini, selain bulan Juli dan Agustus, setiap hari Senin tutup.

7. , Mexico

8 Kafe dalam Gua Yang Lagi Hits, Satu Ada di Sumenep Madura
La Gruta, Mexico (Foto. www.innicanow.com)

Berkonsep colorfull, restoran dalam gua vulkanik yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri. Kursi dan meja yang di cat warna warni sukses mengubah muramnya tampilan polos dari gua alami.

Lampu yang menempel di dinding juga senada menambah kecantikan ruangan restoran tersebut.

Cahaya samar samar menerobos diantara celah langit langit gua. Selain pemandangan yang nyaman pengunjung dimanjakan dengan makanan khas mexico yang rasa dan penampilannya nendang parah.

Hidangan paling seru dan ekstrim yang bisa dicoba adalah larva semut yang ditumis dengan bumbu cacing dan cabai hijau. Hem…. seru ini!.

8. Jameos Del Aqua, Spanyol

8 Kafe dalam Gua Yang Lagi Hits, Satu Ada di Sumenep Madura
Jameos Del Aqua, Spanyol (Foto. www.cactlanzarote.com)

Gua yang satu ini terletak di pulau Lazaronte, Spanyol. Dibawah langit langit gua yang terbuka secara alami hasil letusan dari gunung berapi tampak sebuah restoran.

Di dalam gua ini menyajikan masakan bercitarasa internasional dengan bahan lokal yang bermutu.

Pelayanan setiap hari dari jam 12 siang sampai jam 4 sore waktu setempat. Khusus hari Selasa dan Sabtu buka dari jam 7 malam sampai jam 11 malam.

Kelebihannya ada danau kecil yang airnya sangat jernih tepat di dalam restaurant Jameos Del Aqua. (sumber idntimes).(*)