oleh

8 Khasiat Rutin Konsumsi Teh Hitam Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Sama halnya seperti kopi, teh juga merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein dan jadi favorit mayoritas orang. Minuman ini memiliki berbagai varian, seperti teh hijau, merah, putih, dan hitam yang punya manfaatnya masing-masing.

Nah, salah satu jenis teh yang paling mudah untuk Anda temukan adalah teh hitam. Ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa dipetik dari konsumsi teh hitam secara rutin. Apa saja?.

Berikut delapan manfaat rutin mengonsumsi teh hitam bagi kesehatan:

Meningkatkan Kesehatan Mulut
Teh hitam mengandung polifenol yang mampu menghancurkan bakteri merugikan di dalam mulut. Bakteri ini merupakan penyebab gigi berlubang, plak, serta infeksi mulut lainnya.

Berfungsi sebagai Zat Antioksidan
Polifenol yang ada di dalam teh hitam juga merupakan jenis zat antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Polifenol juga mampu mencegah kerusakan DNA dan memperpanjang usia.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Teh hitam mengandung antigen yang disebut alkylamines yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minuman ini juga mengandung senyawa bernama tanin yang berfungsi untuk mencegah penyakit ringan yang disebabkan virus.

Menyehatkan Pencernaan
Kandungan fitokimia dan tanin yang ada di dalam teh hitam memiliki efek restoratif pada saluran pencernaan Anda. Efek ini akan membuat sistem pembuangan kotoran menjadi lancar dan mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Loading...

Melindungi Jantung
Mengonsumsi teh hitam juga mampu melindungi kesehatan jantung secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rajin minum teh hitam setiap hari akan berkurang risikonya untuk terkena penyakit jantung dan stroke sebanyak 20 persen.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Tersembunyi Teh Basi untuk Kecantikan

Memperkuat Tulang dan Gigi
Selain baik untuk kesehatan pencernaan, kandungan fitokimia yang ada di dalam teh hitam mampu memperkuat tulang dan gigi. Kandungan ini juga diketahui mampu mengurangi risiko penyakit arthritis.

Menurunkan Risiko Diabetes
Konsumsi teh hitam secara teratur diketahui dapat menurunkan risiko penyakit diabetes. Tentu saja hal ini bisa terjadi jika Anda tidak menggunakan gula pada minuman Anda.

Mencegah Kanker
Minum teh hitam mampu memberikan manfaat untuk mencegah kanker. Hal ini disebabkan karena teh hitam kaya akan polifenol catechin yang membantu dalam mencegah jenis kanker tertentu. Wanita yang rajin minum teh hitam juga dapat terhindar dari risiko kanker ovarium.

Sejumlah manfaat tersebut bisa Anda petik dari konsumsi teh hitam secara rutin. Oleh karena itu, sebaiknya Anda jadikan teh hitam sebagai minuman Anda setiap hari.


Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com

Komentar