8 Peluang Bisnis di Desa yang Menjanjikan, Berani Coba?

Avatar of PortalMadura.com
8-Peluang-Bisnis-di-Desa-yang-Menjanjikan,-Berani-Coba
Ilustrasi (riniisparawati.com)

PortalMadura.Com – Mendapatkan penghasilan yang banyak tidak harus selalu di kota atau Negeri orang. Di desa sendiri pun apabila dikembangkan dengan baik juga akan meraih cuan yang lumayan menjanjikan.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu bermigrasi ke kota untuk mencari pekerjaan. Dengan melakukan Anda sudah sudah membuka peluang lapangan pekerjaan bagi Anda sendiri dan juga orang lain.

Lantas, bisnis apa yang cocok dilakukan di desa?. Sebenarnya, ada banyak pilihan bisnis yang bisa Anda lakukan, terutama bagi pemula di perdesaan. Dilansir Idntimes.com dari laman Gobiz, berikut delapan di desa yang bisa dicoba!.

Pangkas Rambut

Bisnis pangkas rambut berpotensi moncer di perdesaan. Sebab, keahlian memangkas rambut tidak dimiliki oleh semua orang. Namun, sebelum memulainya, sebaiknya Anda melakukan survei terkait jumlah usaha pangkas rambut di sekitar desa.

Jika saingannya belum terlalu banyak, maka Anda punya peluang untuk tumbuh pesat. Terutama, jika Anda membuka usaha pangkas rambut di lokasi yang strategis, dan sudah memiliki keahlian memangkas rambut.

Warung

Warung adalah ide bisnis yang sangat cocok di desa. Sebab, di perdesaan biasanya belum banyak tersedia ritel modern seperti minimarket atau supermarket.

Usaha warung juga bisa dilakukan di rumah. Anda hanya perlu fokus menjaga arus kas warung, menetapkan harga yang rasional, dan memastikan ketersediaan stok barang terjaga.

Servis Peralatan Elektronik

Jika Anda bisa memperbaiki peralatan elektronik, maka membuka usaha servis sangat cocok di desa. Apalagi, di masa kini, setiap rumah biasanya sudah memiliki televisi, kulkas, dan rice cooker.

Selain servis, Anda juga bisa menyediakan jasa instalasi atau merakit produk-produk elektronik yang dibeli para penduduk desa.

Warteg atau Kedai Makan

Usaha kuliner ini sangat cocok dibuka di perdesaan. Bisa dibilang, ini bisnis yang tidak akan mati, karena pangan merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang. Apalagi, jika Anda membuka kedai makan di lokasi yang strategis.

Pastikan Anda memiliki menu yang menarik dan menggugah selera pelanggan. Anda juga perlu menggunakan bahan baku yang segar agar makanan dibuat memiliki cita rasa lezat. Anda juga harus memastikan kualitas makanan terjaga, agar pelanggan yang datang mau kembali lagi ke rumah makan milik Anda.

Agen Jual Pulsa dan Token Listrik

Sebagaimana diketahui, tidak semua penduduk desa sudah bisa mengakses platform pembelian pulsa dan token listrik di ponsel pintar. Makanya, menjadi agen pulsa atau token listrik juga merupakan salah satu pilihan bisnis yang cocok di perdesaan.

Apalagi, menjadi agen jual pulsa dan token listrik tidak membutuhkan modal yang begitu besar. Nah, apabila Anda memiliki dana lebih, Anda juga bisa menambahkan beberapa produk untuk dijual, seperti kartu perdana, charger, baterai, casing ponsel, dan kabel charger.

Peternakan

Peternakan merupakan jenis usaha yang sangat identik dengan perdesaan. Anda bisa memulai bisnis ternak ayam, kambing, atau sapi.

Jika modal yang dimiliki tidak begitu besar, maka Anda bisa memulainya dari ternak ayam kampung. Usaha ini sangat menjanjikan, mengingat harga telur ayam kampung lebih mahal daripada jenis ras. Selain bisa diambil telurnya, ayam kampung juga bisa dijual dagingnya.

Sewa Tenda dan Sound System

Untuk membuka usaha sewa tenda dan sound system memang membutuhkan modal yang cukup besar, bahkan bisa mencapai Rp50 juta-an. Modal tersebut merupakan biaya untuk membeli sejumlah peralatan dan perlengkapan lengkap seperti tenda aneka bentuk, meja, kursi, dan sound system.

Walaupun modalnya cukup besar, melihat banyaknya jumlah orang yang membuat hajatan di desa bisa memberikan keuntungan yang setimpal dengan modal. Selain itu, pesaingnya juga lebih sedikit.

Jasa Fotokopi dan Print

Bisnis jasa fotokopi dan print juga cukup berpotensi di perdesaan. Sebab, jasa fotokopi dan print sangat dibutuhkan oleh anak sekolah. Apalagi, di perdesaan tidak banyak orang yang membangun bisnis ini, jadi saingannya sedikit.

Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis jasa fotokopi dan print ini juga tidak terlalu besar. Jadi, ada kesempatan bagi Anda untuk mulai membukanya.

Bagaimana, sudah ada pandangan mau melakukan bisnis yang mana di desa Anda?. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.