oleh

8 Pendaftar, Tahapan Pilkades Juruan Laok Ditangguhkan

PortalMadura.Com, Sumenep – Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sebagian desa sudah ada yang melakukan penutupan pendaftaran calon.

Salah satunya Desa Juruan Laok, Kecamatan Batuputih, Sumenep. Terhitung sejak, pukul 15.30 WIB, Rabu, 28 Agustus 2019 pendaftaran calon kepala desa dinyatakan ditutup.

Hingga penutupan tersebut, ada delapan (8) orang pendaftar. Dari data yang dikantongi panitia, semua pendaftar berasal dari warga Desa Juruan Laok, Batuputih.

Sekretaris Panitia Pilkades Juruan Laok, M. Hakim menjelaskan, berdasarkan surat edaran dari pemerintah daerah, maka tahapan Pilkades Juruan Laok ditangguhkan.

“Dalam surat edaran itu disebutkan, bagi desa yang pendaftarnya lebih dari lima, maka panitia diminta untuk menangguhkan tahapan selanjutnya. Di kami ada delapan pendaftar,” terang Hakim, Kamis (29/8/2019).

Dijelaskan, penangguhan tahapan dimaksud yakni panitia tidak dapat melakukan seleksi tambahan dan tidak melakukan penetapan calon.

Secara kasat mata, berkas para pendaftar lengkap sesuai dengan Perbup Nomor 39 Tahun 2019, namun untuk keabsahan dari semua dokumen para pendaftar itu ada tahapan lain, yakni panitia diamanatkan untuk melakukan verifikasi faktual.

“Panitia punya waktu 20 hari untuk melakukan verifikasi faktual terhadap berkas para pendaftar calon kepala desa sambil menunggu petunjuk lebih lanjut dari panitia Pilkades kabupaten,” tandasnya.

Loading...

Delapan pendaftar calon Kepala Desa Juruan Laok tersebut terdiri dari unsur masyarakat umum dua orang, mantan kepala desa dua orang, dan empat orang lainnya unsur aparat desa yang melampirkan surat cuti.

“Satu di antara mereka, ada yang perempuan,” pungkasnya.

Sumber lain menyebutkan, dari 8 desa se-Kecamatan Batuputih yang dijadwalkan melaksanakan pesta demokrasi tingkat desa tahun 2019, hanya Desa Juruan Laok yang pendaftarnya mencapai 8 orang. Desa lainnya, kisaran 2 sampai 3 orang pendaftar.

Pada tahun 2019, Kabupaten Sumenep akan melaksanakan Pilkades serentak tanggal 7 November 2019 di 174 desa yang ada di wilayah daratan dan tanggal 14 November 2019 bagi 52 desa untuk wilayah kepulauan. (*)

Baca Juga : 


Penulis : Putri Kuzaifah
Editor : Hartono
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar