Jangan Bekukan Es Krim yang Sudah Mencair, Ini Bahayanya

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Bekukan Es Krim yang Sudah Mencair, Ini Bahayanya
Ilustrasi (Tribunnews.com)

PortalMadura.Com – Siapa coba yang tidak suka dengan ?. Makanan dengan cita rasa manis dan dingin tersebut hampir disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai dengan yang dewasa.

Selain nikmat dikonsumsi saat lagi santai, es krim juga sangat cocok dimakan ketika cuaca panas untuk mendinginkan keadaan. Karena terlalu dingin, manis atau alasan lainnya, tidak sedikit beberapa orang yang tidak menghabiskannya sehingga es tersebut lama kelamaan akan mencair.

Berhubung takut mencair, mereka terkadang membekukannya kembali ke dalam freezer atau kulkas agar saat dimakan bisa nyaman layaknya baru membeli.

Tapi tahukah Anda, jika mengonsumsi es krim dengan cara yang salah, bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh?.

Baca Juga : Wow, Peneliti Jepang Temukan Cara Bikin Es Krim Tak Cepat Mencair

Para ahli menjelaskan bahwa es krim sebenarnya adalah salah satu penyebab keracunan makanan yang kurang diketahui. Efeknya, bisa sama buruknya dengan mengonsumsi daging panggang yang kurang matang.

Pasalnya, hal ini akan berdampak buruk jika tidak ditangani dengan tindakan pencegahan yang benar. Jadi, sebelum Anda mengalami masalah kesehatan, akan lebih baik jika Anda mencegahnya.

Bahaya Makan Es Krim Mencair yang Dibekukan

Menurut Dosen Ilmu Biomedis di Universitas Aston, Amreen Bashir mengatakan, sekitar satu juta orang terkena penyakit yang ditularkan melalui makanan di Inggris setiap tahunnya. Es krim menjadi salah satu makanan yang bisa menyebabkan kesehatan terancam.

“Selain dari risiko yang sering diketahui publik yaitu diabetes dan obesitas, es krim juga benar-benar berpotensi untuk menyebabkan penyakit. Inilah yang belum diketahui orang banyak,” jelas Bashir yang dilansir detik.com dari Mirror.

Bashir mengatakan, pada tahun 2015, di Topeka, Kansas, lima orang dirawat di rumah sakit dan tiga meninggal setelah makan es krim yang telah terkontaminasi oleh listeria. Keracunan listeria ini memang sangat terkait dengan es krim.

Hal ini terjadi karena kesalahan paling umum yang banyak dilakukan orang-orang, yaitu mengonsumsi es krim yang telah dibekukan kembali, setelah sebelumnya sudah mencair di dalam tempatnya.

Mungkin bagi sebagian orang cara ini merupakan hal biasa yang tidak menimbulkan bahaya tertentu. Namun siapa sangka, jika ternyata inilah yang bisa membuat es krim berbahaya saat dikonsumsi setelah sebelumnya mencair.

“Es krim juga bisa menimbulkan bahaya, jika sudah meleleh dan kemudian dibekukan lagi. Saat itulah bakteri seperti listeria bertumbuh dengan sempurna,” lanjutnya.

Apa itu Listeria?

Dikutip dari Kementerian Kesehatan, listeria monocytogenes adalah suatu bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Tapi, tidak hanya orang dengan kekebalan tubuh yang lemah saja yang akan terkena dampaknya, seseorang yang terbilang sehat juga dapat terinfeksi bakteri Listeria. Gejala jangka pendeknya yang muncul seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut dan diare.

Perlu Anda ketahui, listeriosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri L. monocytogenes. Gejala Listeriosis bisa muncul kapan saja, antara 3-70 hari pasca infeksi bakteri Listeria, rata-rata biasanya sekitar 21 hari.

Gejala umumnya, yaitu demam, nyeri otot, disertai mual atau diare (kurang umum). Jika infeksi menyebar ke Sistem Saraf Pusat (SSP), gejala dapat mencakup sakit kepala, kaku pada leher, bingung, kehilangan keseimbangan, dan terkadang mengalami kejang.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.