9 Bisnis untuk Anak Sekolah yang Menjanjikan, Yakin Tidak Tertarik?

Avatar of PortalMadura.com
9 Bisnis untuk Anak Sekolah yang Menjanjikan, Yakin Tidak Tertarik
Ilustrasi (penerbitdeepublish.cm)

PortalMadura.Com – Anak sekolah hanya bisa minta uang jajan pada orang tua, siapa bilang?. Pernyataan ini sudah tidak lagi berlaku. Karena, anak yang pintar mengelola kemampuannya akan memanfaatkan peluang usaha dengan baik. Apalagi sekarang ada banyak sekali bisnis yang cocok untuk anak sekolah.

Dari sekian bisnis tersebut, anak bisa menambah uang jajan dari usaha sampingan yang dijalankan. Syukur-syukur tidak akan minta uang jajan ke orang tuanya lagi. Asalkan pekerjaan sampingan yang dikerjakannya itu tidak mengganggu kegiatan belajar di sekolah.

Apa saja usaha sampingan itu?. Dilansir PortalMadura.Com, Senin (26/6/2022) dari laman Idntimes.com, berikut ini adalah berbagai bisnis yang cocok untuk anak sekolah:

Reseller atau Dropshipper

Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produk yang sedang tren. Caranya, Anda bisa menjual aksesori atau mainan yang sedang digemari. Untuk mendapatkan produk tersebut Anda bisa mencarinya di dekat rumah atau toko online. Selain itu, jangan lupa untuk mempromosikan secara langsung kepada teman dan gunakan media sosial.

Endorser

Jika Anda adalah seseorang yang aktif di media sosial, Anda bisa menggunakannya dengan menjadi seorang endorser. Pastikan akun Anda ramai dan aktif, lalu buat proposal kerja sama dengan suatu brand untuk me-review produk dan mengunggahnya di media sosial.

Penulis Lepas

Jika Anda memiliki hobi menulis, Anda bisa menjadi seorang penulis lepas. Tidak cuma menyalurkan hobi menulis, Anda juga bisa menambah uang jajan. Banyak perusahaan atau media yang membuka kesempatan untuk menjadi penulis lepas yang dibayar per artikel, per kata, maupun per jam.

Youtuber

Jika Anda adalah orang yang kreatif, dinamis, dan penuh ide, Anda bisa menjadi seorang YouTuber. Niche yang umumnya dipilih para pelajar untuk memulai karier ini adalah vlog, GRWM (get ready with me), mukbang, study vlog and daily routine, dan memasak. Ini bisa jadi pilihan Anda karena simpel dan tidak terlalu banyak memakan waktu.

Anda bisa mengambil video hanya dengan memanfaatkan ponsel pintar yang Anda punya dan mengeditnya dengan aplikasi edit video Android atau iOS. Untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube, Anda bisa memasang adsense, membuat video bersponsor, maupun endorsement.

Kursus untuk Anak-anak

Jika Anda adalah pelajar SMA maka Anda bisa membuka usaha dengan memberikan kursus kepada anak SD atau SMP. Modal yang diperlukan hanyalah modul dan buku latihan. Anda pun bisa menggunakan buku paket atau LKS (lembar kerja siswa) murid Anda, lho. Jadi, Anda tidak perlu membuat modul sendiri untuk murid Anda atau membeli buku paket lain.

Selain itu, Anda bisa memberikan kursus secara daring alih-alih bertatap muka langsung. Strategi ini cukup menghemat tenaga apalagi ketika harus mengajar sepulang sekolah. Untuk membayar jasa Anda, Anda bisa menentukan untuk dibayar per jam atau per mata pelajaran.

Jualan Makanan

Bisnis makanan tidak ada habisnya karena selalu ada inovasi dan tren mengenai makanan. Bagi Anda yang suka memasak atau membuat kue, usaha kuliner yang satu ini bisa menjadi pilihan.

Anda bisa menjualnya kepada teman kelas, menitipkannya ke kantin sekolah, atau menjualnya di akhir pekan saat car free day. Nah, karena alasan fleksibilitas inilah berjualan makanan adalah bisnis yang cocok untuk anak sekolah yang kegiatannya cukup padat dari pagi sampai sore.

Menjual Karya Seni

Jika Anda jago dalam menggambar atau membuat pernak-pernik, menjual karya seni bisa menjadi opsi lain untuk mencari uang tambahan. Kegiatan ini juga tidak menyita waktu belajar Anda di sekolah karena Anda bisa membuatnya jika ada waktu senggang sepulang sekolah atau di hari libur.

Anda bisa menjual karyabnya melalui media sosial atau website. Selain menjual karya seni yang sudah dibuat, Anda juga bisa menggunakan sistem open commission, yakni sebuah sistem di mana orang akan menghubungi Anda untuk membuatkannya sebuah karya menurut style yang sudah Anda sediakan.

Fotografer

Bagi Anda yang gemar dengan fotografi, cobalah untuk menawarkan jasa foto di acara tertentu atau memotret sebuah produk. Kegiatan ini bisa dilakukan sepulang sekolah sehingga membuatnya cocok sebagai bisnis untuk anak sekolahan.

Selain itu, Anda bisa menjual hasil foto ke website khusus untuk berjualan foto. Sementara Anda bisa dibayar per jam untuk foto event dan dibayar per produk untuk foto produk, menjual foto Anda ke website akan dibayar dengan kurs dolar, euro, atau pound sterling untuk satu unduhan foto atau per klik.

Admin Media Sosial

Menjadi admin media sosial adalah hal yang menyenangkan dan tidak terlalu banyak memakan waktu. Anda bisa membuat jadwal kerja Anda sendiri yang disesuaikan dengan jam istirahat dan jam pulang sekolah.

Yang biasanya dilakukan sebagai admin media sosial adalah merancang konten, mengunggah konten yang sudah dipersiapkan, dan berinteraksi dengan pengikut akun tersebut. Untuk pembayaran jasa Anda, biasanya akan dibayar per jam, per proyek, per bulan, atau per unggahan.

Itulah berbagai bisnis yang cocok untuk anak sekolah demi menghasilkan uang tambahan. Namun, jika Anda sudah mulai mencari uang sendiri, jangan sampai hal tersebut mengganggu kegiatan belajar Anda. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.