9 Khasiat Menakjubkan Berpuasa Sekali dalam Seminggu

Avatar of PortalMadura.com
9 Khasiat Menakjubkan Berpuasa Sekali dalam Seminggu
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mayoritas orang di seluruh dunia melakukan puasa karena kewajiban mereka terhadap keyakinan yang dianutnya. Selain itu, ada pula yang mengerjakan puasa dengan alasan untuk menurunkan berat badan. Sayangnya, sedikit dari mereka yang menyadari bahwa berpuasa juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

Padahal, ada banyak manfaat kesehatan yang didapatkan oleh seseorang dengan melakukan puasa setidaknya . Anda penasaran?.

Berikut sembilan manfaat berpuasa sekali dalam seminggu bagi kesehatan:

Menghilangkan Racun dalam Tubuh
Setiap kali berpuasa, tubuh akan menggelontor racun yang ada dalam tubuh untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Jika Anda memiliki kegemaran mengonsumsi makanan olahan atau junk food, berpuasa adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir racun dalam makanan-makanan tersebut agar keluar dari tubuh Anda.

Membongkar Lemak
Ketika berpuasa, tubuh tidak mendapat tambahan makanan yang diperlukan untuk memproduksi energi. Karena itu, tubuh kemudian akan membakar glukosa yang masih tersisa di dalam untuk menghasilkan energi. Tidak hanya glukosa, tubuh juga akan membakar lemak yang tersimpan dalam jaringan otot. Jika Anda termasuk orang yang kelebihan berat badan, berpuasa bisa sangat bermanfaat dan menguntungkan karena proses ini akan menghilangkan lemak tidak sehat dalam tubuh.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Salah satu manfaat kesehatan berpuasa sekali seminggu adalah kuatnya sistem kekebalan. Satu hal lagi yang bisa membuat kekebalan tubuh semakin kuat adalah berbuka puasa dengan buah. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah bisa dikonsumsi oleh tubuh untuk memperkuat sistem imun saat berbuka puasa.

Mengontrol Gula Darah
Berpuasa sekali seminggu juga membantu Anda mengontrol tingkat gula dalam darah. Berpuasa akan memberikan kesempatan pada tubuh untuk memproses glukosa dan memproduksi energi. Hasilnya, jumlah insulin yang diproduksi tubuh akan berkurang dan menurunkan tingkat gula dalam darah.

Menurunkan Tekanan Darah
Jika Anda termasuk orang yang memiliki hipertensi, berpuasa seminggu sekali bisa membantu Anda untuk mengontrol tekanan darah. Hal ini adalah salah satu manfaat berpuasa, yaitu membuat tubuh menurunkan produksi hormon seperti adrenaline yang menyebabkan lonjakan tekanan darah.

Menenangkan Sistem Pencernaan
Bicara tentang puasa, tentunya berkaitan dengan sistem pencernaan. Meski berpuasa membuat lapar, namun ternyata berpuasa memberikan efek yang positif pada sistem pencernaan.

Ketika berpuasa, organ yang berfungsi untuk mencerna bisa beristirahat dan mengurangi produksi cairan yang digunakan untuk memecah makanan. Setelah setiap hari digunakan untuk mencerna makanan, tentunya organ pencernaan perlu sesekali beristirahat.

Memperbaiki Kebiasaan Makan
Dengan berpuasa secara teratur, orang bisa mengontrol makanan apa yang mereka konsumsi. Hasilnya, kebiasaan makan mereka akan semakin baik dan memengaruhi kesehatan mereka secara keseluruhan. Namun, tentunya Anda harus memastikan mengonsumsi makanan yang juga sehat saat berbuka puasa.

Menahan Nafsu Makan
Kebanyakan orang menjadi kelebihan berat badan karena tidak bisa mengontrol nafsu makan mereka. Jika Anda termasuk orang yang mudah tergoda untuk memakan junk food, makanan olahan, serta makan camilan yang tidak sehat, puasa adalah salah satu jalan keluar yang bisa Anda lakukan. Dengan berpuasa, Anda akan belajar untuk mengontrol nafsu makan, terutama untuk makanan yang tidak sehat.

Mempercepat Proses Penyembuhan
Salah satu manfaat besar yang akan Anda dapatkan dengan berpuasa adalah proses penyembuhan yang lebih cepat. Ketika berpuasa tubuh bekerja lebih efektif untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan mencegah pertumbuhan tumor yang tidak diinginkan. Dengan begitu, berpuasa bisa membantu tubuh untuk sembuh lebih cepat dari penyakit. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.