9 Khasiat Menakjubkan Jambu Biji untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
9 Khasiat Menakjubkan Jambu Biji untuk Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Jambu biji merupakan salah satu jenis buah yang berbentuk oval dengan kulit hijau muda atau kuning dan mengandung biji yang bisa dimakan. Buah yang manis dan berbau tajam ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga memberi manfaat kesehatan yang tidak terhitung banyaknya.

Daun pohon jambu biji bisa digunakan dengan cara menyiapkan teh daun jambu biji, yang digunakan untuk mengobati diare di negara India dan China. Selain itu, ada beberapa tubuh. Apa saja?.

9 Khasiat Menakjubkan Jambu Biji untuk Kesehatan

Berikut ini uraiannya:

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Antioksidan dan vitamin dalam jambu biji dapat melindungi jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, serat larut dan kalium dalam jambu biji juga berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Kandungan serat dalam jambu biji dapat membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Buah ini juga rendah kalori yang membuatnya menjadi camilan yang ideal untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Menurunkan Kadar Gula Darah
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan dan mengendalikan kadar gula darah serta resistensi insulin. Studi lain menemukan bahwa minum teh daun jambu biji mengurangi kadar gula darah setelah makan.

Mencegah Kanker
Antioksidan yang kuat dalam ekstrak jambu biji dan daun jambu biji dapat mencegah radikal bebas dari merusak sel-sel sehat, sehingga mencegah kanker. Khasiat antikanker jambu biji dan daunnya bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Memperkuat Kekebalan
Jambu biji adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang larut dalam air yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sifat antimikroba jambu biji membantu dalam membunuh bakteri dan virus jahat yang dapat menyebabkan infeksi.

Baca Juga: Wow, Ini Dia 8 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan

Membantu Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji membantu mencegah sembelit dan membantu buang air besar secara teratur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji menurunkan intensitas dan durasi diare dengan membunuh semua mikroba berbahaya di usus.

Meredakan Nyeri Haid
Ekstrak daun jambu biji memiliki kemampuan untuk menghilangkan kram menstruasi. Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengalami menstruasi yang menyakitkan dapat menggunakan 6mg ekstrak daun jambu biji setiap hari, sehingga mengurangi intensitas rasa sakit.

Mencegah Osteoartritis
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam ‘Food Science and Nutrition‘, ekstrak daun jambu biji dapat mencegah kerusakan tulang rawan pada osteoartritis.

Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut
Jambu Biji bekerja sangat baik untuk kulit Anda karena adanya antioksidan. Mengonsumsi jambu biji atau mengoleskan ekstrak jambu biji pada kulit dapat memperlambat proses penuaan dini dan mencegah keriput. Hal ini juga ampuh untuk mengobati jerawat karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.