oleh

Wow, Ini Dia 8 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan

PortalMadura.Com – Jambu biji merupakan salah satu buah yang tumbuh di daerah tropis. Selain buahnya yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan, daunnya pun juga tidak kalah pentingnya.

Mungkin banyak orang tidak mengetahuinya, bahkan membiarkan daun jambu biji tumbuh seperti biasanya. Padahal, ada khasiat tersembunyi di balik hijaunya daun itu untuk kecantikan kulit dan rambut.

Perlu Anda ketahui, daun jambu biji memiliki sifat analgesik, anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang membantu menyembuhkan masalah kecantikan kulit dan rambut. Nah, apa saja khasiatnya?. Simak informasinya berikut ini:

Menghilangkan Komedo
Daun jambu biji dapat bekerja dengan sangat baik ketika menghilangkan komedo. Ambil beberapa daun jambu biji dan rebus. Kemudian campurkan air rebusan dengan bubuk kunyit. Oleskan campuran ini ke wajah Anda dan gosok perlahan dengan ujung jari. Kemudian cuci bersih dengan biasa. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

Mengurangi Jerawat dan Bintik Hitam
Daun jambu biji bisa berfungsi sebagai antibakteri yang membantu menghilangkan sel penyebab jerawat. Hal ini juga dapat membantu mengurangi bintik hitam dan noda lainnya pada kulit.

Caranya, ambil beberapa daun jambu biji dan tumbuk hingga halus. Balur pada area yang terdapat jerawat dan bintik hitam. Setelah beberapa saat bilas dengan air bersih.

Menghilangkan Kerutan
Daun jambu biji memiliki khasiat untuk menghilangkan keriput dan mampu mengatasi efek radikal bebas pada wajah. Caranya, rebus beberapa daun jambu biji untuk mengekstrak sarinya. Gunakan ekstrak daun jambu biji ini untuk dioleskan pada wajah.

Penggunaan secara teratur bisa membantu mencerahkan kulit dan memperbaiki warna kulit.

Loading...

Mengurangi Gatal
Daun jambu biji juga mengandung zat yang mengurangi gatal pada kulit akibat peradangan. Ini juga menjadi solusi untuk mengatasi alergi kulit lainnya. Caranya, haluskan daun jambu biji kemudian balur pada daerah kulit yang terkena radang dan gatal.

Mencegah Rambut Rontok
Kandungan antioksidan membuat daun jambu biji mampu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini menjadi salah satu perawatan alami untuk melawan rambut rontok.

Caranya, ambil beberapa daun jambu biji untuk direbus selama 20 menit. Biarkan air rebusan hingga dingin. Kemudian, oleskan air matang ini ke rambut dan kulit kepala. Pijat selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air biasa.

Baca: Malu Karena Rambut Rontok? Yuk Atasi Dengan Daun Jambu Biji

Menyembuhkan Infeksi Kulit Kepala
Pijatan air daun jambu biji dapat membuat infeksi pada kulit kepala lebih cepat membaik. Biarkan selama 25 menit dan bilas dengan air dingin. Daun jambu biji ini juga berfungsi sebagai conditioner. Ulangi dua kali seminggu untuk hasil yang lebih cepat.

Mencerahkan Kulit
Daun jambu biji mampu mengangkat sel kulit mati, membunuh bakteri dan membuat kulit lebih sehat. Sehingga warna kulit menjadi lebih cerah.

Caranya, campurkan beberapa daun jambu biji dengan kunyit dan air mawar. Oleskan campuran ini ke wajah dan leher Anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas.

Menjaga Kebersihan Mulut
Daun jambu yang lunak bisa digunakan sebagai obat kumur. Rebus beberapa daun jambu biji dan tambahkan garam. Setelah larutan mendingin, gunakan sebagai obat kumur. Lakukan perawatan ini dua kali sehari. (liputan6.com/Putri)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar