oleh

9 Manfaat Menakjubkan Konsumsi Belimbing Bagi Kesehatan

Mengontrol Diabetes
Penelitian telah menemukan bahwa buah kaya serat yang tidak larut ini dapat mencegah pelepasan glukosa setelah makan. Ini membantu mengontrol kadar insulin dalam tubuh, menjadikannya camilan ideal bagi orang yang ingin menghindari diabetes atau pasien diabetes untuk mengelola gejalanya.

Meningkatkan Pencernaan
Untuk Anda yang sedang mengalami gangguan pencernaan, konsumsi buah ini karena dapat merangsang pergerakan tinja melalui saluran pencernaan, mengurangi gejala sembelit, kembung, kram dan diare.

Lebih baiknya lagi, buah ini dapat membantu meningkatkan serapan hara dan bioavailabilitas mineral serta vitamin esensial lainnya. Baik buah dalam maupun kulit buah belimbing memberikan tingkat serat makanan yang signifikan.

Meningkatkan Metabolisme
Dengan tingkat piridoksin, folat, dan riboflavin yang tinggi, buah ini dapat membantu mengoptimalkan metabolisme Anda dengan memastikan bahwa proses enzimatik dan hormonal yang diperlukan terjadi di seluruh tubuh. Vitamin-vitamin penting ini berperan dalam segala hal mulai dari komunikasi sel saraf dan metabolisme energi hingga sirkulasi dan pengendalian emosi.

Mengurangi Tingkat Kolesterol
Dengan jumlah lemak alami yang sangat rendah dan tingkat serat makanan yang tinggi, buah tropis berwarna kuning kehijauan ini sangat bagus untuk mengelola dan mengurangi tingkat kolesterol. Serat membantu mengatur kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik), sehingga menurunkan risiko Anda untuk penyakit jantung koroner, stroke, serangan jantung dan atherosclerosis.

Detoksifikasi Tubuh
Dikenal sebagai diuretik, buah ini dapat merangsang buang air kecil, yang dapat membantu bagi seseorang yang ingin detoksifikasi. Buah ini akan membantu membersihkan hati dan ginjal, meskipun orang-orang dengan kondisi ginjal yang sudah ada harus makan buah ini dengan hati-hati. Dengan meningkatkan buang air kecil, belimbing dapat menurunkan kadar racun, kelebihan garam dan lemak di dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Pernapasan
Buah ini dikenal sebagai agen anti-inflamasi dan pendinginan yang dapat meningkatkan air liur dan memotong lendir atau dahak. Ini membuatnya menjadi obat yang populer untuk infeksi pernapasan dan kesehatan umum, mengurangi sakit tenggorokan dan mengatasi infeksi yang mendasari sistem pernapasan.

Anda harus perhatikan buah yang baik sebelum mengonsumsinya. Ketika buah sudah matang, itu adalah kuning muda dengan sedikit tonjolan coklat. Sebaiknya hindari buah-buahan hijau yang lebih kecil karena buah ini cenderung asam dan tidak enak untuk dimakan.

Buah ini memiliki panjang sekitar 3-6 inci dan daging buahnya berwarna kuning kehijauan hingga kuning dan renyah serta asam dalam rasanya. Mungkin juga memiliki dua hingga lima biji kecil yang dapat dimakan. (okezone.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE