oleh

9 Manfaat yang Bisa Didapat dari Penguapan Wajah

PortalMadura.Com -Mayoritas kaum hawa pasti ingin mendapatkan perawatan kecantikan yang ekstra untuk kulit wajah mereka tanpa harus menguras kantung. Jika demikian, kini waktunya untuk mencoba facial steam alias penguapan wajah.

Tidak hanya terasa mewah, facial steam ini juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Mulai dari mengatasi kulit berminyak hingga mencegah jerawat. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari facial steam atau penguapan wajah?

Berikut sembilan manfaat yang bisa didapat dari penguapan wajah:

Membersihkan Kulit Sampai Pori-pori
Penguapan wajah atau facial steam akan membuka pori-pori kulit wajah yang tersumbat. Jenis perawatan ini juga dapat membantu mengeluarkan penumpukan kotoran untuk membersihkan kulit lebih dalam. Facial steam akan membuka pori-pori dan melembutkan komedo, sehingga komedo hitam atau putih lebih mudah dikeluarkan.

Meningkatkan Sirkulasi Darah
Facial steam atau penguapan wajah dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit wajah. Kombinasi uap hangat dan keringat yang keluar saat proses penguapan akan membantu melebarkan pembuluh darah dan melancarkan peredaran. Lancarnya aliran darah akan membuat oksigen terkirim dengan baik. Nutrisi yang diperlukan oleh kulit pun terdistribusi dengan baik. Hasilnya adalah kulit sehat yang bercahaya.

Mencegah Jerawat
Facial steam atau penguapan wajah akan membantu melepaskan bakteri dan sel penyebab jerawat yang terjebak di permukaan kulit. Pori-pori yang terbuka memungkinkan pelepasan sel kulit mati, bakteri, dan kotoran lain yang menyumbat pori-pori. Inilah penyebab utama jerawat.

Membersihkan Sebum yang Terperangkap
Facial steam atau penguapan wajah akan membantu melepaskan sebum yang terperangkap. Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Gunanya adalah melumasi kulit dan rambut. Ketika sebum terperangkap di bawah permukaan kulit, ia akan menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri penyebab jerawat.

Melembapkan Kulit
Facial steam atau penguapan wajah akan menjadikan kulit terhidrasi dengan baik. Uap yang dihasilkan akan melembapkan kulit secara alami dan membantu menyeimbangkan produksi minyak.

Membuat Kulit Menerima Skincare Lebih Baik
Facial steam atau penguapan wajah akan membantu kulit Anda menyerap produk perawatan kulit dengan lebih baik. Proses penguapan akan meningkatkan permeabilitas kulit, sehingga memungkinkannya untuk menyerap nutrisi secara topikal dengan lebih baik. Hal ini berarti skincare yang Anda pakai akan memberikan hasil lebih maksimal.

Merangsang Produksi Kolagen
Facial steam atau penguapan wajah akan merangsang kulit untuk memproduksi kolagen dan elastin. Lancarnya sirkulasi darah selama wajah diuapi akan membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin pula, sehingga kulit akan terjaga kekencangannya.

Baca Juga: Anda Alami Kulit Berminyak? Lakukan 4 Perawatan Wajah Ini!

Menjadikan Pikiran Rileks
Penguapan wajah atau facial steam bisa membuat pikiran lebih tenang juga. Uap hangat dipadu dengan aroma minyak aromaterapi pilihan Anda akan meningkatkan reaksi relaxing dari facial steam. Selain minyak aromaterapi, Anda juga bisa memanfaatkan rempah herbal seperti daun mint, rosemary, atau mahkota bunga segar.

Melegakan Hidung Buntu
Hidung tersumbat karena flu?. Facial steam bisa membantu meredakannya. Uap hangatnya akan meringankan hidung tersumbat dan sakit kepala yang sering menyertainya. Menambahkan minyak esensial ke dalam larutan air panas untuk steam yang dapat meningkatkan efeknya.

Terakhir, facial steam adalah perawatan yang murah meriah. Anda cuma perlu air panas, baskom, dan handuk bersih. Berbagai jenis herbal yang ada di dapur atau kebun juga bisa digunakan.

Komentar