9 Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak

Avatar of PortalMadura.Com
9 Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kompresor merupakan salah satu komponen dari sistem pendingin kabin mobil yang berfungsi untuk mensirkulasi freon ke seluruh sistem AC. Dari hal itu, untuk mendapatkan kenyamanan di dalam mobil kompresor AC harus dalam keadaan baik.

Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik mobil harus paham dan mengetahui saat kompresor AC dalam keadaan rusak. Selain itu juga harus tahu penyebabnya, sehingga bisa mengambil tindakan saat menghadapi permasalahan ini. Apa saja?

Berikut penjelasannya:

Terputusnya Sekring
Sekring berfungsi meneruskan atau mengalirkan arus listrik ke kompresor. Jika sekring putus, maka akan menyebabkan arus listrik yang mengalir ke kompresor terputus. Arus listrik yang terputus kemudian mengakibatkan semburan freon ke sistem AC terhenti. Pada akhirnya AC tidak menghasilkan udara yang dingin.

Oli Kompresor Habis
Oli kompresor digunakan sebagai pelumas untuk melumasi bantalan-bantalan komponen AC yang saling bergesekan. Oli kompresor jika sampai habis bisa membuat performa komponen-komponen, khususnya kompresor menjadi terganggu.

Ini akan membuat kompresor tidak bisa menghasilkan tekanan tinggi untuk menghembuskan udara dingin ke dalam kabin mobil.

Komponen Seal Bocor
Seal merupakan pelapis yang berupa karet. Jika seal ini mengalami keretakan atau robek, maka akan timbul kebocoran. Efeknya, tekanan pada kompresor untuk menyebutkan gas freon menuju ke sistem AC menjadi lemah dan AC menjadi kurang dingin.

Pulley dan Pressure Plate Mengalami Kerusakan
Pulley dan pressure plate sangat mempengaruhi mekanisme kerja kompresor. Jika keduanya mengalami kerusakan atau aus, maka putaran mesin kompresor tidak akan maksimal. Selain itu, juga menghasilkan bunyi berisik karena mengalami gesekan saat AC mobil dalam posisi hidup.

Fan atau Kipas AC Mati atau Lemah
Fan AC atau radiator yang lemah atau bahkan mati akan menyebabkan tekanan pada freon berlebih atau istilahnya over heat. Over heat pada tekanan gas freon inilah yang bisa mengakibatkan kompresor menjadi panas, sehingga rentan mengalami kebocoran dan bunyi kasar atau ngorok.

Jumlah Gas Freon yang Terlalu Sedikit
Kompresor AC akan mengeluarkan lebih banyak tenaga untuk memompa gas freon ke seluruh sistem AC mobil. Lama-lama kondisi kompresor akan rusak karena dipaksa bekerja keras. Seab itulah, jumlah gas freon yang sedikit menjadi salah satu penyebab rusaknya kompresor.

Terlalu Banyak Freon
Sama halnya jika jumlah freon terlalu banyak, juga bisa membuat kompresor AC aus.

Terjadi Kebuntuan
Kebuntuan bisa terjadi pada sistem yang mengakibatkan aliran sirkulasi freon terhambat. Kasus seperti ini dapat membuat kompresor menjadi rusak karena terus menerus dipaksa untuk memompa freon yang sirkulasinya terhambat tadi.

Usia Pemakaian
Ada baiknya untuk mengetahui batas usia pemakaian komponen atau spare parts AC, seperti kondensor, evaporator, expansi valve, dryer, dan lain sebagainya. Sebab jika sudah melewati batas usia pemakaian maksimum dan masih dibiarkan terpasang, dikhawatirkan akan membuat kinerja keseluruhan sistem AC tidak optimal. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.