9 Rekomendasi Camilan Sehat dan Bergizi untuk Balita

Avatar of PortalMadura.com
9 Rekomendasi Camilan Sehat dan Bergizi untuk Balita
Ilustrasi (BP Guide)

PortalMadura.Com – Ada banyak produk camilan bayi yang dijual di pasaran, rasa-rasanya pun juga beragam. Tapi, Anda belum tentu tahu secara pasti bahan yang terkandung di dalamnya, baik itu pengawet atau pemanis buatan yang pasti tidak baik bagi pertumbuhan si kecil.

Nah, daripada Anda bingung dan khawatir lebih baik Anda membuat sendiri di rumah. Jadi, Anda tidak perlu takut dengan kandungan gizi dan kebersihannya karena sudah dibuat dengan tangan sendiri.

Apa saja camilan sehat tersebut?. Berikut pilihan yang bisa Anda contek di rumah:

Buah Segar
Buah segar merupakan pilihan yang paling baik sebagai camilan sehat untuk balita. Berikan buah dengan warna-warna yang menarik, seperti mangga, stroberi, melon dan jeruk. Kemas dan sajikan secara menarik, misalnya dengan cara dicetak atau diukir pada bagian daging buah. Anda juga bisa menggunakan piring motif kartun atau gambar kesukaan buah hati agar ia makin semangat melahap camilannya.

Selain dapat merangsang indera pengecapnya dengan berbagai rasa dan tekstur, indera penglihatannya pun juga akan dilatih dengan melihat variasi warna yang mungkin belum pernah dilihatnya.

Roti atau Buah Celup
Sembari memberikan camilan sehat untuk balita yang sedang mengenal makanan, para orang tua juga bisa melatih kreatifitas dan motorik anak dari camilan yang diberikan. Contoh, sediakan yoghurt, cokelat cair, ataupun saus mustard yang gurih sebagai saus atau celupan camilan anak.

Sediakan juga roti atau buah sebagai bahan utama camilan. Berikan beberapa iris roti atau buah yang bisa dicelup ke saus, yoghurt atau cokelat cair. Biarkan anak memegang, memakan, dan bereskplorasi dengan camilan yang ia makan.

Telur
Selain buah atau roti, telur bisa menjadi alternatif camilan yang baik untuk anak. Berikan telur orak-arik atau telur rebus utuh. Selain simpel, lezat, yang pasti bergizi untuk tubuh kembang anak. Tambahkan irisan sayur atau brokoli yang dihaluskan guna menambah variasi gizi camilan anak.

Es Loli
Balita mana yang tidak suka es krim?. Ya, daripada membeli dan tidak mengetahui kandungan apa yang ada pada es krim yang dijual di pasaran, Anda bisa membuat sendiri krim sehat untuk si kecil.Siapkan jus buah segar, yoghurt, dan agar-agar sebagai bahan utama es krim. Sediakan juga cetakan es krim dengan bentuk yang menggemaskan dan stik kayu yang tidak terlalu panjang.

Setelahnya, campur semua bahan baku es krim, aduk rata, dan masukan ke dalam cetakan bersama stik kayu. Letakkan di dalam lemari pendingin selama beberapa 3-4 jam sebelum memberikannya pada buah hati di siang hari terik.

Keju
Kandungan protein dalam keju dapat mendukung asupan energi anak tetap tinggi selama ia bermain dan belajar. Anda bisa memotong keju cheddar panjang-panjang seukuran genggaman anak, potong kubus kecil-kecil untuk dijadikan selingan pada sate buah segar, atau sebagai isian roti panggang untuk bekal sekolah anak. Tapi baiknya jangan memberikan keju jika bayi Anda memiliki alergi susu atau intoleransi laktosa yang diketahui atau diduga.

Ubi Manis
Ubi manis dikemas dengan vitamin A dan merupakan sumber B6, C, dan folat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Anda bisa memanggangnya utuh seperti kentang panggang dan tambahkan keju lumer dan potongan brokoli di atasnya, iris tipis lalu dipanggang sebagai keripik, atau potong memanjang layaknya kentang goreng.

Pancake atau Waffle Mini
Anda bisa mengolah adonan terigunya dari nol atau menggunakan adonan kering siap olah yang dijual di toko. Tambahkan madu, sirup maple, dan potongan buah segar favorit si kecil sebagai toppingnya.

Baca Juga : Bunda, Ini 10 Macam Camilan Sehat bagi Si Kecil

Mini Pizza
Siapkan adonan pizza beku siap olah sesuai instruksi kemasan, atau Anda bisa bikin sendiri di rumah. dan Oleskan satu sendok makan saus marinara di atasnya. Tambahkan beberapa sayuran cincang dan satu sendok makan keju parut, kemudian panggang di oven selama satu atau dua menit sampai keju mencair.

Pasta
Pasta adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik, asalkan Anda memilh pasta gandum utuh daripada pasta terigu. Masak satu batch untuk disimpan di kulkas. Saat waktunya ngemil, hangatkan semangkuk pasta di microwave sajikan dengan sayuran atau ayam matang dan saus tomat yang lezat.

Tertarik mencoba salah satu, atau malah semua, pilihan camilan sehat untuk balita Anda di rumah?. Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.