oleh

99 Kerja Bupati, Peserta Program Wirausaha Muda Mayoritas Berumur 40 Tahun

PortalMadura.Com, Sumenep – Program wirausaha muda yang merupakan salah satu program unggulang dalam program 99 hari kerja bupati dan wakil bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, A Busyro Karim dan Ach Fauzi dinilai tidak tepat sasaran.

Program yang dicanangkan untuk menekan angka pengangguran pemuda di kabupaten ujung timur Pulau Madura, ternyata yang direkrut mayoritas berumur 40 tahun.

“Program wirausahawan muda itu salah sasaran. Terbukti, yang lulus seleksi saat pendaftaran sebagai peserta program wirausahawan muda, banyak yang sudah berumur lebih dari 40 tahun,” tegas Ketua Mahasiswa Sumekar Raya (Mahasurya), Bisri Gei, Senin (30/5/2016).

Menurutnya, program tersebut dinilai tidak akan berpengaruh terhadap pengangguran di kalangan muda, karena pesertanya berumur lebih dari 40 tahun.

“Rekrutmennya pun kurang sehat,” bebernya.

Ia menduga, dibalik program wirausahawan muda itu terselip kepentingan politik atau balas budi terhadap orang-orang yang memiliki jasa pada pemenangan dalam Pilkada 2015.

“Semoga untuk tahun berikutnya, model rekrutmennya tidak seperti tahun ini, agar program tersebut benar-benar dirasakan masyarakat umum,” harapnya.

Sementara, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, membenarkan adanya peserta yang umurnya lebih 40 tahun. Tapi dia memastikan hanya 3 persen dari jumlah total seribu orang.

“Kesalahan merupakan hal biasa, karena setiap kegiatan apa pun tidak akan lepas dari kesalahan. Kesalahan-kesalahan itu terjadi pada saat seleksi dan pendaftaran,” tandas bupati. (arifin/har)



Komentar