oleh

Inilah Hukum Mengkhayal Saat Salat Yang Wajib Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Salat dengan khusyuk tidaklah mudah, butuh kerja keras untuk mencapai tingkatan itu. Seringkali ketika salat antara ucapan dan pikiran tidak seirama. Lidah melafalkan bacaan salat, sementara hati mengembara entah ke mana.

Seringkali pikiran lain muncul tiba-tiba di benak kita seperti soal pekerjaan, anak, harta, dan dagangan. Bahkan, terkadang khayalan aneh datang menghantui pikiran. Sehingga, semua itu membuat kekhusyukan ibadah menjadi terganggu dan berkurang.

Lalu bagaimana hukumnya?. Apakah masih sah salat orang yang mengkhayal ketika salat?.

Menurut Imam An-Nawawi dalam kitabnya ‘Fatawa Al-Imam An-Nawawi’, menjelaskan bahwa, “Bila seseorang mengkhayal maksiat dan kezaliman pada saat salat sehingga hatinya tidak fokus dan dia tidak meresapi bacaannya, apakah salatnya masih sah? ‘Salatnya sah, namun makruh”.

Orang yang mengkhayal, pikirannya melayang ke mana-mana, bahkan memikirkan sesuatu yang buruk, salatnya masih dihukumi sah. Meskipun sah, salatnya dianggap makruh karena hatinya tidak hadir dan dia tidak meresapi bacaan yang dilafalkannya.

Kekhusyukan memang tidak menjadi kewajiban di dalam salat, namun bukan berarti kita mengabaikannya. Kita mesti mengupayakan dan mengusahakannya. Minimal kita berusaha merenungi dan meresapi setiap bacaan yang dilafalkan ketika salat. Di sini kita mengerti betapa kekhusyukan adalah barang mahal tiada tara terutama dalam mengerjakan perintah Allah SWT. (nu.or.id/Salimah)


Komentar