3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Potong Poni Sendiri

Avatar of PortalMadura.com
3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Potong Poni Sendiri
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mayoritas wanita mempercayakan hair dresser di salon untuk memotong rambutnya. Akan tetapi, untuk rambut poni, tidak sedikit dari mereka yang lebih memilih memotongnya sendiri di rumah.

Sayangnya, terkadang ada kesalahan yang kerap dilakukan sebagian wanita saat memotong rambut poni-nya sendiri. Baik itu terlalu pendek, atau potongan yang tidak rapi. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memotong poni agar hasilnya maksimal. Apa saja?.

Berikut ini uraiannya:

saat Kering
Penting bagi Anda untuk memotong poni di saat kondisi rambut kering. Direktur Edukasi Nine Zero One Salon di Los Angeles, Nicole Leal mengatakan, rambut yang basah akan lebih panjang daripada yang kering. Memotong poni di saat basah bisa jadi membuat Anda memotong poni terlalu banyak.

Selain itu, Leal menyarankan, agar Anda memotong rambut menggunakan gunting rambut, bukan gunting biasa. “Tidak perlu beli yang mahal. Cukup pastikan gunting yang kita gunakan adalah gunting khusus rambut,”ujarnya.

Potong dengan Benar
Menurut Leal, memotong poni akan lebih mudah dilakukan sedikit demi sedikit. Awali dengan mengambil bagian tengah poni dan menariknya hingga ke ujung secara bersamaan.

Sementara celebrity hairstylist, Chris Naselli menyarankan, untuk menggunting dengan gunting menghadap atas. Cara ini akan membuat rambut lebih bertekstur. Caranya, pegang ujung alat dengan derajat kemiringn sekitar 45 derajat dari arah wajah untuk menghindari gunting yang terkena bagian mata.

Jika menyukai poni yang lebih tumpul, gunakan sisir dengan gigi sempit tepat di bawah jari untuk memandu gunting rambut Anda dalam memotong. Gunting rambut dengan posisi sisir horizontal agar hasil potong rapi dan seragam.

Selain itu, pastikan melakukannya perlahan dan jangan langsung memotong terlalu banyak pada potongan pertama. “Jika kurang pendek, kita bisa memotongnya lagi,” kata Chris Naselli.

Periksa Hasil Kerja
Meskipun merasa sudah puas dengan hasil guntingannya, Anda harus tetap mengeceknya. Setelah selesai memotong, cucilah rambut dan keringkan. Pastikan kembali apakah hasil kerja Anda sudah sempurna.

Anda mungkin saja menemukan bahwa poni Anda berbeda setelah dilakukan styling kembali. Misalnya, rambut kembali ke tekstur awal dan terlihat tidak rapi.

“Rambut akan menyesuaikan dengan potongannya setelah kamu melakukan styling. Dia seolah paham bahwa beberapa bagian sudah dipotong, jadi mereka seringkali berubah. Jika itu terjadi, cukup ambil gunting dan rapikan rambutmu” tutup Leal. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.