Mengapa Islam Melarang Kencing di Air Tergenang? Ini Pembahasannya

Avatar of PortalMadura.Com
air tergenang
ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak dokter menyebutkan bahwa jutaan orang mengidap penyakit kutu air (bilharziazis = penyakit yang hidup di air, apabila penyakit itu hinggap maka akan menjadikan kaki pecah-pecah).

Penyebab penyakit ini adalah seseorang kencing pada air tergenang yang tidak bergerak, lalu orang lain datang mandi di air tersebut dan tertimpa penyakit ini.

Apabila seseorang kencing pada air yang tergenang, maka akan keluar telur, lalu menetas, dan melahirkan penyakit. Seandainya manusia tidak kencing pada air tergenang, tentu penyakit bilharziazis tidak akan ada di dunia.

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa semua ajaran yang disebutkan Rasulullah SAW bagi manusia merupakan kebaikan bagi manusia. Telah disebutkan dalam hadits ini, dari Jabir ra, “Sesungguhnya Rasulullah melarang kencing pada air yang tergenang,” (HR. Muslim).

Maka dari itu, jangan kencing di air yang tergenang. Selain untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain kita juga akan terlatih untuk memiliki etika yang baik. Menempatkan sesuatu pada tempatnya, seperti kencing yang harusnya kita tempatkan dan lakukan di kamar kecil.

Semoga hal ini bermanfaat untuk kita. Amin. (islampos.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.