Lakukan, 3 Trik Ini Mengatasi Sakit Kepala Tegang

Avatar of PortalMadura.Com
Lakukan, 3 Trik Ini Mengatasi Sakit Kepala Tegang
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sakit kepala adalah rasa sakit atau tidak nyaman yang terjadi di bagian kepala atau leher. Jenis sakit kepala yang paling sering terjadi adalah tension headache. Diakibatkan oleh ketegangan otot-otot di daerah kepala, pundak, leher, sampai rahang.

Tipe sakit kepala seperti ini biasanya akan berlangsung selama 30 menit hingga beberapa jam. Jika penyebabnya tidak ditangani dapat berlangsung hingga beberapa hari. Rasa sakit biasanya dimulai dari bagian belakang kepala lalu menjalar ke bagian depan. Kontraksi otot dapat menjadi respon terhadap stres, depresi, cedera kepala, atau kecemasan. Sakit kepala ini bisa terjadi pada semua usia, tapi paling sering terjadi pada remaja dan orang dewasa.

Ada beberapa trik untuk mengatasi sakit kepala tegang tanpa menggunakan obat. Ini bisa membantu mengurangi keparahan atau sakit yang dirasakan.

Kurangi stres
Stres bisa menjadi pemicu sakit kepala tegang. Untuk itu, Anda perlu mengatasi stres terlebih dahulu. Luangkan banyak waktu untuk bersantai dan menenangkan pikiran. Anda bisa lakukan meditasi, latihan pernapasan dalam, atau olahraga seperti yoga.

Ini sangat efektif untuk melemaskan otot yang kencang di belakang kepala, leher, dan bahu. Belajar untuk mengenali dan menghindari situasi penyebab stres yang memicu sakit kepala juga bisa menjadi cara yang efektif.

Kompres air hangat atau dingin
Anda bisa melakukan kompres air hangat atau dingin di bagian kepala yang sakit. Ini dilakukan untuk mengurangi ketegangan otot yang menyebabkan sakit kepala. Caranya, bungkus es dengan handuk bersih lalu tempelkan ke bagian kepala yang sakit.

Mengubah kebiasaan
Sakit kepala tegang juga bisa dipicu dari kebiasaan-kebiasaan yang tidak disadari. Oleh karena itu, beberapa perubahan ini mungkin membantu. Pakai bantal yang lebih empuk dan nyaman serta ganti posisi tidur.

Jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer, luangkan waktu untuk meregangkan punggung, leher, dan bahu Anda di sela-sela waktu bekerja. Atur posisi duduk Anda, duduk dengan tegak dan pastikan kaki menempel di lantai.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.