13 Manfaat Buah Alkesa untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
13 Manfaat Buah Alkesa untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Manfaat Buah Alkesa

PortalMadura.Com – (Manfaat ) Satu jenis buah yang langka untuk saat ini adalah buah alkesa. Buah Alkesa yang dikenal dengan sebutan sawo mentega ini, mempunyai warna kuning yang kaya manfaat bagi .

Tidak hanya lezat tetapi buah alkesa memang sangat menyehatkan tubuh, serta dapat digunakan untuk mengobati jenis penyakit.

Buah yang memiliki nama ilmiah Pouteria campechiana berasal dari Meksiko. Kini buah alkesa dapat ditemukan di sekitar kota Bandung atau disekeliling Ragunan.

Buah alkesah diperkaya dengan berbagai vitamin seperti niasin, karoten, riboflavin, vitamin C, dan thiamin. Mineral dan nutrisi lain yang terdapat di dalamnya termasuk kalsium, karbohidrat, zat fosfor, dan kalori.

Seperti yang dilansir PortalMadura.Com dikutip dari kinisehat.com, karena sarat dengan nutrisi penting di dalamnya.

Tentu saja membuat buah ini berkhasiat untuk melawan berbagai jenis penyakit. Nah, inilah manfaat dan khasiat buah alkesa untuk kesehatan.

Manfaat Buah Alkesa

Mendongkrak Energi dan Stamina Tubuh

Gula alami dalam buah kesah akan diubah menjadi energi oleh tubuh kita. Ketika tubuh mengalami keletihan dan lelah, minumlah jus buah ini.

Menekan Risiko Kanker Usus

Vitamin dalam buah alkesa bersifat antioksidan yang efektif dalam mencegah kanker.

Terdapat juga senyawa penting di dalamnya yang turut menetralisir racun, virus, dan bakteri penyebab kanker usus. Manfaat ini dikuatkan dengan adanya serat yang melimpah dalam buah ini.

Manfaat Buah Alkesa Sebagaia Minuman Sehat

Jus alkesa dicampur susu bukan hanya cocok untuk bayi, tapi juga untuk semua orang yang ingin punya tubuh sehat. Sirup kanistel kini banyak ditemukan di banyak tempat.

Dengan alternatif sajian buah alkesa ini, anda dapat menemukan minuman sehat yang dapat anda konsumsi.

Mencegah Tulang Keropos

Buah alkesa mengandung kalium yang berlimpah, yang berguna untuk pembentukan tulang yang sehat. Mineral ini sangat dibutuhkan khususnya bagi anak-anak pada masa pertumbuhan, juga pada usia lanjut.

Membantu Pertumbuhan Bayi

Sawo mentega atau buah alkesa ini sering dicampur dengan susu sebagai bubur untuk bayi. Paduan antara susu sapi dan buah alkesa merupakan makanan sehat yang bergizi tinggi.

Manfaat Buah Alkesa untuk Menambah Berat Badan

Buah alkesa sangat cocok dikonsumsi bagi seseorang yang memiliki tubuh terlalu kurus. Kenapa? Kalori dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Berikan pada anak Anda, ketika mereka mengalami penurunan nafsu makan.

Mendongkrak Daya Tahan

Tubuh Antioksidan dalam alkesah berguna untuk melindungi tubuh Anda dari berbagai serangan penyakit.

Baca Juga: Jatah Pupuk Tahun 2020 di Pamekasan Belum Jelas

Melancarkan Pencernaan

Buah alkesa kaya akan serat, yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini berguna untuk meringankan kerja usus dan organ cerna lainnya.

Mengobati Radang Mulut

Tahukah anda jika peradangan pada mulut itu salah satunya  dipicu oleh defisiensi vitamin C, dapat diatasi dengan cara alami.

Cara penggunaan buah alkesa untuk mengatasi radang mulut yakni, cincang pucuk daun alkesa, kemudian rebus bersama segelas air selama beberapa menit. Berkumur dengan airnya, untuk meredakan radang mulut.

Menghindarkan Sembelit

Dengan konsumsi sawo mentega secara rutin dapat mencegah sembelit atau konstipasi, yang disebabkan oleh pola makan tidak benar.

Melindungi Kesehatan Mata

Dalam buah aklesa terkandung beragam senyawa baik salah satunya yakini  karoten yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, serta mencegah penyakit mata.

Pereda Panas dan Diare

Di Kuba dan Mexico, kulit buah alkesah sering digunakan untuk menurunkan panas dan demam.

Daun dan daging buahnya berguna untuk mengatasi diare. Caranya, parut buahnya yang masih muda kemudian peras dan saring untuk mengambil airnya. Campur sari tersebut dengan air hangat, minum di pagi dan sore hari.

Melawan Infeksi

Vitamin C yang berlimpah dalam sawo walanda dapat bertindak sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas, serta mencegah infeksi.

Banyak manfaat yang bisa Anda ambil dari buah alkesa ini. Alternatif sebagai makanan pengganti juga dimungkinkan.

Saat ini persebaran tanaman langka ini sudah mulai berkembang ke beberapa daerah. Buah Alkesa pun sudah mulai ditemukan di mana-mana.

Semoga informasi Manfaat Buah Alkesa membantu anda menemukan alternatif obat atau suplemen sehat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.