oleh

Empat Kecamatan di Pamekasan Rawan Longsor

PortalMadura.Com, Pamekasan – Sedikitnya ada empat kecamatan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, rawan terjadi longsor saat musim hujan seperti sekarang. Empat kecamatan dimaksud adalah Kecamatan Waru, Pakong, Batumarmar dan Kecamatan Pegantenan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Ibnu Hajar menjelaskan, di empat kecamatan itu tekstur tanah mudah bergerak dan retak. Apalagi, intensitas hujan saat ini semakin tinggi yang menuntut masyarakat senantiasa waspada.

“Kami sudah melakukan antisipasi dini dengan melakukan pemantauan secara aktif kepada empat kecamatan itu. Tentunya bukan hanya daerah rawan longsor, daerah lain juga kami pantau,” katanya, Sabtu (4/1/2020).

Menurut Ibnu, pihaknya memprioritaskan pemantauan di daerah yang berpotensi mengganggu kepentingan umum, seperti tebing Jalan Raya. Namun demikian, pihaknya meminta kepada masyarakat agar senantiasa terhadap segala kemungkinan bencana alam demi menjaga keselamatan bersama.

Baca Juga : Jatah Pupuk Tahun 2020 di Pamekasan Belum Jelas

“Masyarakat juga harus sering-sering mengecek tanah yang rawan retak untuk mengantisipasi longsor. Kalau sudah terlihat retak diharap menjauh,” harap dia.

Penulis : Marzukiy
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.