Ini 5 Aksesoris Motor Anti Maling yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Ini 5 Aksesoris Motor Anti Maling yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi (Kompas Otomotif)

PortalMadura.Com – Akhir-akhir ini pencurian sepeda motor kembali marak terjadi. Bahkan sasarannya sudah di tempat-tempat ramai. Oleh karena itu, bagi pemilik motor harus ekstra hati-hati memarkir sepeda motornya.

Selain itu, juga perlu melakukan hal-hal lain untuk mengamankan motornya dari aksi pencurian. Seperti halnya melengkapi sepeda motor dengan beberapa aksesoris anti .

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut beberapa aksesoris anti maling yang bisa Anda pasang di sepeda motor.

Gembok

Untuk mencegah aksi , Anda bisa memasang gembok pada piringan cakram atau rantai sepeda motor. Pemasangan aksesori ini bisa mencegah motor bergerak, meski kunci kontak berhasil dibobol dan mesin dinyalakan.
Tapi yang perlu dicatat, jika Anda memasang gembok di cakram harus diingat-ingat ya. Sebab jika lupa dilepas dan motor dijalankan, gembok bisa menghantam kaliper rem.

Baut dan Mur

Jangan salah, barang kecil seperti baut dan mur juga bisa membuat motormu lebih aman dari incaran maling lho. Caranya, baut dan mur dipasang pada lubang piringan rem cakram. Fungsinya kurang lebih sama seperti gembok cakram. Bedanya, baut dan mur ukurannya lebih kecil, sehingga maling tidak akan menyadarinya.

Grip Lock

Peralatan ini bisa dibilang lebih mudah jika dibandingkan dengan dua alat sebelumnya, namun terbilang cukup ampuh juga dalam mencegah pencurian motor.

Cara kerjanya, grip lock diletakkan pada bagian sisi kanan setang, dimana diikatkan dengan tuas rem. Dengan demikian, jika grip lock tidak dibuka, maka kendaraan juga tidak bisa melaju, lantaran rem terus tertekan.

Kunci Rahasia

Untuk peralatan keamanan tambahan lain yang bisa dipasang di motor kalian adalah kunci rahasia, di mana ini bisa diketahui oleh pemiliknya saja. Dengan demikian, ketika ada orang lain yang hendak meminjam atau mungkin berniat mencuri kendaraan, tidak bakalan bisa mengaksesnya.

Kunci rahasia ini biasanya bekerja dengan cara memutus arus listrik kendaraan, sehingga motor tidak akan bisa dinyalakan jika kunci rahasia ini masih aktif.

Alarm

Alat satu ini menjadi yang paling familiar dari kebanyakan pengendara, lantaran dengan sistem ini pelaku akan panik dan langsung kabur. Akan tetapi jika kalian memasang alarm pada kendaraan, maka jangan diletakkan di sembarang tempat demi menjaga ketahanan alat. Sebaiknya, motor diparkir di tempat aman, dan usahakan terhindar dari hujan.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.