oleh

Ada 3 Konsep Mendasar Dalam Membina Mental PNS Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Pembinaan mental bagi pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terus dilakukan. Minimal, ada tiga konsep dasar yang harus dimiliki oleh abdi negara.

Menurut Bupati Sumenep A Busyro Karim, sebelum menghargai orang lain, perlu memberikan perhatian dan penghargaan pada diri sendiri, baik pada kemampuan, pengetahuan, keterampilan dan penampilan diri.

“Jika kita sudah bisa menghargai diri sendiri, maka kita akan membangun motivasi dan rasa percaya diri yang tinggi untuk menghasilkan yang terbaik bagi orang-orang di sekitar kita,” tegas Busyro, pada acara pembinaan mental PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep, yang dilaksanakan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Diklat (BKPP) Sumenep di Gedung Korpri Sumenep.

Kedua, bagaimana memandang orang lain. Yakni, tidak meremehkan dan merendahkan orang lain. Perlu disadari, bahwa dalam hidup harus saling membantu dan saling menolong, sehingga menganggap orang lain itu juga penting.

Tak kalah pentingnya, kata Busyro, menjadikan profesi sebagai ibadah. Sehingga akan mendapatkan balasan yang lebih baik di akhirat kelak.

“Dengan cara pandang seperti ini, saya yakin kita dapat menambah nilai pekerjaan kita dengan melakukan pekerjaan sepenuh hati dan penuh perhatian,” tandasnya.

Sementara, Kepala BKPP Kabupaten Sumenep, Titik Suryati mengungkapkan, kegiatan pembinaan mental PNS diharapkan dapat menambah kekompakan, persatuan, kepekaan, rasa tanggap, kesetia kawanan, kedisiplinan terhadap tugas yang menjadi tanggungjawabnya.

“Selain itu, agar PNS lebih memahami etika birokrasi, bermasyarakat dan pada diri sendiri,” katanya.

Menurut dia, dengan menjaga kesehatan jasmani dan rohani, professional dan bersemangat dalam melaksanakan tugas dan fungsinya serta selalu berkreasi, inovatif untuk kemajuan Pemerintah Kbupaten Sumenep. “Ini semua tentu untuk mensejahterakan masyarakat Sumenep,” tambahnya.(eno/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE