oleh

Ada dari Luar Negeri, Ratusan Peserta Ikuti International Conference on Islamic Thought di Pamekasan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Kegiatan International Conference on Islamic Thought (ICIT) 2020 yang diadakan oleh Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan, Madura, Jawa Timur, diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, Sabtu (18/1/2020).

Selain peserta dari perguruan tinggi di dalam negeri, kegiatan yang berlangsung di Auditorium Hotel Odaita Jl Raya Sumenep dengan tema ‘The Development of Islamic Thoughts on Multiple Perspectives’ tersebut juga diikuti oleh peserta dari luar negeri.

“Kegiatan ini merupakan program konferensi internasional pertama yang digelar IAI Al-Khairat Pamekasan, dan alhamdulillah ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ikut serta. Bahkan juga dari luar negeri,” ujar Panitia Pelaksana ICIT 2020 IAI Al-Khairat Pamekasan, Ach Sayyi kepada media.

Baca Juga: Pengawasan Bidang Kepolisian, Unija dan Polres Sumenep Teken MoU

Menurutnya, ratusan peserta yang merupakan hasil seleksi dari 170 pendaftar itu kemudian dibagi dalam beberapa klaster. Meliputi Pendidikan Islam, Manajemen Islam, Ekonomi Islam, Al-Qur’an dan Tafsir, Bimbingan dan Konseling Islam hingga Islamic Culture. Dari jumlah itu, sebagian besar tergabung dalam klaster pendidikan islam.

“Ratusan peserta ini kita bagi sesuai dengan klaster masing-masing, jumlah peserta dari tiap klaster variatif dan terbanyak di klaster pendidikan Islam. Namun setiap klaster lainnya terdiri dari puluhan peserta,” tandasnya.

Pria yang akrab disapa Sayyi itu melanjutkan, pihaknya melakukan seleksi dan menentukan peserta yang berhak ikut dalam kegiatan bertaraf Internasional itu berdasarkan artikel yang dikirim kepada panitia.

“Jadi tidak semua pendaftar dapat berpartisipasi pada ajang ini, hanya yang terpilih dan dipastikan lolos seleksi dan mempresentasikan artikel mereka,” tambah Kaprodi PAI IAI Al Khairat tersebut.

Masih menurut Sayyi, adapun artikel terbaik nantinya akan dipublikasikan dalam jurnal kampus yang telah terakreditasi sebagai penghargaan kepada peserta.

“Dari total artikel terbaik, nantinya kita akan publikasikan ke dalam jurnal kampus yang salah satunya terakreditasi Sinta 3, yakni Fikrotuna Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. Lainnya kita publikasikan di jurnal ekonomi, Investi dan Jurnal BKPI,” tutup dia.

Penulis : Marzukiy
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar