oleh

Inilah Keutamaan Baca Surah Yasin

PortalMadura.Com – Setiap ayat yang ada di dalam Alquran tentunya mengandung banyak manfaat dan petunjuk bagi kehidupan manusia. Salah satu ayat yang bisa memberikan petunjuk tersebut yaitu surah Yasin.

Sebagaimana yang diketahui, surah Yasin merupakan surat ke-36 dalam Alquran dan terdiri dari 83 ayat. Surah ini diturunkan di kota Mekkah, disebut sebagai surah Makkiyah.

Kandungan surah ini cukup luas, meliputi pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah ta’ala, peringatan kematian, hari akhir, serta kisah perjuangan para syuhada dan pendakwah.

Biasanya, surah Yasin sering dibaca daripada surah yang lainnya. Karena dengan membacanya, akan mendatangkan ampunan (magfirah) dari-Nya dan juga membawa dampak positif bagi kehidupan di dunia dan akhirat.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (18/1/2020) dari laman Okezone.com, Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia, Ustaz Fauzan Amin mengatakan, membaca Alquran memiliki banyak keutamaan yang akan didapatkan, termasuk membaca surah Yasin.

Membaca surah Yasin juga terdapat keutamaan tersendiri, seperti yang dijelaskan dalam beberapa riwayat. “Terdapat hadis Nabi Muhammad yang umum menjadi rujukan dan ditulis dalam beberapa riwayat, terkait keutamaan membaca surah Yasin,” katanya.

Rasulullah bersabda:

مَنْ قَرَأَ يس فِيْ لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ

Artinya: “Siapa yang membaca (surah) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya” (HR. At Thobroni/145, 418 dan Al-Bayhaqi/2360, 2361).

Lebih lanjut, kata Fauzan, terdapat riwayat lainnya yang menyebutkan tentang keutamaan membaca surah Yasin. Seperti riwayat dari Ibnu Hibban mengatakan, hadis ini shahih dari Ma’qol bin Yasar, Nabi Muhammad SAW, bersabda,

اِقْرَءُوْا عَلَى مَوْتاَكُمْ يس

Artinya: “Bacalah atas orang mati di antara kamu surah yasin” (HR. Abu Daud/ Ibn Majah/ Nasa’i).

Baca Juga : Umat Muslim, Ketahui Manfaat dan Keistimewaan Surat Yasin dalam Islam

Kemudian, dalam riwayat lainnya mengatakan, bagi siapa saja yang membaca surah Yasin setiap malam maka ia akan mati dalam keadaan baik atau syahid. Yaitu dari Anas bin Malik Rasulullah bersabda,

مَنْ دَاوَمَ عَلَى قِرَاءَةِ يس كُلَّ لَيْلَةٍ ، ثُمَّ مَاتَ ، مَاتَ شَهِيْدًا

Artinya: “Siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, kemudian ia mati, maka ia mati dalam keadaan syahid” (HR. At Thabrani).

Demikian keutamaan dengan membaca surah Yasin. Jadi, luangkanlah waktu sejenak untuk membacanya agar Anda bisa memperoleh fadilahnya. Wallahu A’lam.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE