oleh

Ada Mutiara Tersimpan di Air Terjun Torowan

SAMPANG (PortalMadura) – Obyek wisata Air Terjun Torowan yang terletak di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur dengan jarak  ± 43 km dari pusat kota ke arah utara dengan akses jalan menuju lokasi di jalur transportasi umum Sampang-Ketapang-Sokobanah, sungguh mempunyai keindahan yang tak tertandingi.

Air Terjun Torowan, yang merupakan satu-satunya air terjun di kota bahari, sumber mata airnya berasal dari sungai sumber payung yang berada di kecamatan Ketapang Timur, dengan posisi tinggi mencapai ± 20 m dari permukaan air laut dan letak jatuh air terjun langsung bermuara ke laut lepas Pantai Utara Jawa.

Suasana itu, merupakan pesona tersendiri dari air terjun Toroan. Selain keindahan pesona air terjun dan hamparan pantai, para pengunjung akan disuguhi kondisi alamnya yang masih perawan. Tak ada coretan atau polesan dari hasil tangan manusia. Ibarat ada mutiara yang tersimpan di obyek wisata yang belum tersentuh pembangunan dari pemerintah setempat.

Untuk sampai kelokasi ini, tidaklah sulit. Banyak angkutan menuju kesana. Bila anda dari Surabaya tinggal turun di simpang empat barisan atau di SMAN 1 kota Sampang. Selanjutnya naik angkutan umum jurusan Ketapang selama kurang lebih 1 jam perjalanan.

Pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua bisa dibawa ke lokasi air terjun. Sedangkan pengguna roda empat, harus dititipkan di rumah warga. Lalu, berjalan kaki melalui jalan setapak kurang lebih 50 meter.

Tak akan terasa lelah, bila dibanding dengan keindahan dan anggunnya air terjun yang satu ini. Pepohonan yang rindang, bebatuan masih alami, dan udara terasa segar justru mampu menjadi obat tersendiri bagi pengunjung. Apalagi, menunggu detik-detik terbenamnya matahari. Dari lokasi ini, anda akan melihat sentuhan alam dari langit yang diiringi bunyi air terjun dan damainya suara ombak di laut. (baca : Indahnya Pemandian Sumber Oto’ Sampang)

Lokasi wisata Air Terjun Torowan ini, sudah disurvei oleh Pariwisita Jatim, tetapi belum ada anggaran untuk pengembangan pembangunannya. Direncanakan, baru tahun 2015 akan dialokasikan dari APBD setempat. Pemerintah Kabupaten Sampang sendiri, masih fokus terhadap pengembangan Hutan Kera Nepa. Selamat menikmati Air Terjun Torowan.(htn)


Komentar