Agar Anak Mau Mengerjakan Tugas Rumah, Ikuti Langkah Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Agar Anak Mau Mengerjakan Tugas Rumah, Ikuti Langkah Ini!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Berbagai cara dilakukan para orang tua agar anaknya mengerjakan tugas rumah mereka. Sayangnya, ancaman dan larangan orang tua terkadang tidak mempan bagi .

Untuk itu, agar anak kita bersedia dan giat mengerjakan tugas rumah tangga? Simaklah cara-cara itu dalam uraian berikut ini.

Memberi Pengertian Tentang Tugasnya
Walaupun tugas itu sudah dengan sendirinya dilakukan oleh anak, namun bisa jadi tugas itu dilakukan karena rasa takut kepada orang tuanya. Jikalau tanpa diperintah, mereka akan abai terhadap tugas-tugasnya itu.

Maka penting untuk memberikan pengertian kepada anak tentang mengapa mereka diberikan tugas rumah tangga. Apalagi jika anak itu sering dimanja, tentu tidak mudah untuk memberikan tugas itu.

Saat momen kebersamaan dengan anak, mulailah uraikan pengertian itu. Bahwa semua tugas itu bukan untuk siapa-siapa kecuali untuk kebaikan sang anak sendiri.

Tugas Ringan yang Berkaitan Dengannya
Poinnya bukan kepada tugasnya, tapi pengajaran terhadap anak agar mereka terbiasa dan disiplin dengan tugasnya. Tugas terlalu berat bisa jadi bisa membebaninya ditengah beban sekolah yang semakin padat.

Maka tidak perlu memberikan tugas yang berat. Mulailah dengan tugas yang berkaitan dengan kepentingannya, seperti membersihkan kamarnya dan menata mainannya. Jadikan itu sebagai kewajiban bagi dia.

Sesekali minta anak untuk membantu orang tua dalam tugas rumah tangga lain, tujuannya untuk menekankan rasa berbakti terhadap orang tua.

Penghargaan Terhadap Tugasnya
Memberikan penghargaan tidak harus dengan hadiah, namun bisa dengan ucapan terima kasih dan menunjukkan rasa kasih sayang. Anak-anak akan menjadi lebih termotivasi dan merasa bahwa selalu ada manfaat jika membantu orang lain.

Mengerjakan Tugas Bersama
Inilah yang sering menjadi bumerang kenapa anak enggan untuk mengerjakan tugas rumah. Kesan memerintah dari orang tua hanya menciptakan jarak orang tua dan anak.

Pakar pendidikan anak Weissbourd menyarankan orang tua untuk tidak berkata “kerjakan tugasmu”, tapi katakanlah “mari kita kerjakan tugas kita”. Dengan begitu anak akan merasa sekedar diajak untuk membersamai aktivitas orang tua ketimbang diperintah.

Kebersamaan dan kerja sama orang tua dan anak dalam mengerjakan tugas rumah juga akan semakin mempererat jalinan komunikasi keduanya.

Menjadwalkan Tugas
Untuk membiasakan anak dan melatih kedisiplinan, buatlah jadwal tugas rumah tangga yang diberikan kepada anak. Ingatkan jadwalnya, namun jangan terlalu mendikte.

Memberi hukuman hanya pilihan terakhir jika dia berulang-ulang tidak melaksanakan tugas, itupun untuk sekedar agar dia mengerti tentang tanggung jawabnya.

Bagaimana, Anda ingin coba menerapkannya? (tandapagar.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.