Agar Bangun Malam Anda Tak Sia-sia, Lakukan Zikir Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Agar Bangun Malam Anda Tak Sia-sia, Lakukan Zikir Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian dari Anda mungkin pernah terbangun dengan sendirinya saat malam hari. Entah karena bermimpi, memang berniat untuk melakukan salat malam atau suatu hal lainnya. Terbangunnya dari tidur di waktu malam ternyata menjadi ladang amal bagi Anda.

Pasalnya, hal ini menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa. Bukan hanya bagi yang melaksanakan salat tahajud saja, namun orang-orang yang terbangun lalu membaca zikir juga akan mendapatkan pahala.

Nah, agar Anda tidak akan sia-sia lebih baik baca zikir ini. Seperti apa zikir yang dimaksud?. Berikut ulasannya:

Hadis tentang zikir tersebut diriwayatkan oleh Al-Bukhari, dari Ubadah bin Shamit, dari Rasulullah bersabda yang artinya: “Siapa terbangun di waktu malam lalu membaca (Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahu Laa Syariikalahu, Lahul Mulku, Walahul Hamdu, Wahuwa ‘Alaa Kulli Syai-in Qadiir. Alhamdulillaah Wasubhanallaahu Walaa Ilaaha Illallaahu Wallahu Akbar, Walaa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaahi) kemudian ia berdoa “Ya Allah, Ampuni Aku” atau berdoa pasti dikabulkan doanya. Jika ia berwudu dan shlat, pasti diterima salatnya” (HR. Al-Bukhari).

Jadi, sudah jelas bukan zikir yang dimaksud adalah; “Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahu Laa Syariikalahu, Lahul Mulku, Walahul Hamdu, Wahuwa ‘Alaa Kulli Syai-in Qadiir. Alhamdulillaah Wasubhanallaahu Walaa Ilaaha Illallaahu Wallahu Akbar, Walaa Haula Walaa Quwwata Illaa Billaahi“.

(Artinya: Tidak ada Tuhan selain Allah Zat yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya, Zat yang mematikan dan menghidupkan, bagi-Nya segala kerajaan dan pujian, Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu).

Setelah membaca kalimat zikir tersebut, Anda diisyaratkan untuk kemudian berdoa memohon kepada Allah. Karena sebenarnya, kondisi malam menjadi waktu mustajab untuk berdoa.

Dari Abu Umamah RA dia berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berbaring di atas kasurnya dalam keadaan suci dan dia berzikir kepada Allah hingga dia merasa kantuk, tidaklah berbalik sesaat dari waktu malam ketika dia memohon kebaikan dunia dan akhirat, melainkan Allah akan mengabulkannya,” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

Umat muslim, itulah zikir yang bisa Anda baca saat bangun di malam hari. Daripada Anda tidur kembali saat sebelumnya terbangun lebih baik manfaatkan waktu itu untuk berdoa dan zikir. Semoga bangun malam yang terjadi tiba-tiba bisa menjadi ladang pahala bagi Anda. Wallahu A'lam. (infoyunik.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.