oleh

Air Aki Mobil Sering Berkurang, Ini Penyebabnya

PortalMadura.Com – Kondisi air aki mobil yang masih menggunakan aki basah sangat penting dilakukan pengecekan setiap saat. Sebab, berkurangnya air aki itu akan berpengaruh pada daya arus liatrik.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman Otoseken.id, pada aki basah, timah di dalamnya akan bereaksi dengan aki udara yang merupakan senyawa elektrolit hingga menghasilkan arus listrik.

Arus listrik ini kemudian dipergunakan untuk menghidupkan komponen elektronik di dalam mobil tersebut.

sering terjadi air aki mobil berkurang dengan sangat cepat. Hal tersebut menjadi pertanda bahwa ada kerusakan pada komponen mobil.

Alternator yang rusak dan menyebabkan overcharge memungkinkan arus listrik masuk ke dalam mobil secara berlebihan. Karena arus listrik berlebih ini maka aki akan menjadi panas dan penguapan udara menjadi lebih besar.

Pengisian voltase aki dari alternator. Kalau arus listrik yang masuk ke dalam aki melebihi 15 volt Berarti ada kesalahan atau kerusakan di alternator.

Pengukuran ini dilakukan saat mesin mobil menyala dan gas mobil dimainkan. Jadi perlu waspada kalau air aki berkurang terlalu cepat bisa jadi alternator harus diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Otoseken.id

Komentar