Ajak Lakukan 4 Latihan Dasar Ini Jika Anak Anda Suka Sepak Bola

Avatar of PortalMadura.Com
Ajak Lakukan 4 Latihan Dasar Ini Jika Anak Anda Suka Sepak Bola
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebiasaan seorang ayah yang sering menonton pertandingan sepak bola sedikit banyak akan berpengaruh pada laki-laki khususnya untuk menyukai hal yang sama. Hal tersebut pasti lebih menyenangkan karena keduanya mempunyai hobi yang sama.

Namun, sebaiknya anak jangan hanya diajak menonton pertandingannya saja. Sesekali mereka juga dilatih teknik dasar permainan sepak bola agar bakat anak semakin terasah. Untungnya, sepak bola merupakan permainan yang relatif sederhana dengan peralatan yang sangat mendasar, menjadikan kegiatan fisik ini cocok untuk mengisi waktu luang saat di rumah.

Nah, jika Anda ingin mempratikkannya pada anak, berikut ini beberapa teknik dasar permainan sepak bola:

Menggiring Bola
Ini merupakan keterampilan paling dasar dalam sepak bola dan menjadi hal pertama yang harus diajarkan pada anak-anak. Ingatkan anak untuk menggunakan sepatu yang memudahkannya belajar menggiring bola.

Ajarkan untuk mendorong bola ke depan dengan posisi jari kaki menuju ke bawah, tapi jangan sampai menendangnya terlalu keras. Untuk melatih kemampuannya ini, atur tiang di lapangan atau halaman rumah yang cukup luas, dan minta anak-anak untuk menggiring bola melewati rintangan.

Passing
Setelah anak-anak belajar menggiring, mereka perlu menguasai bagaimana cara meneruskannya ke rekan satu timnya. Ajari mereka untuk melakukan passing agar dapat menendang bola dengan akurat ke teman mainnya.

Selain berlatih menendang bola ke arah teman satu tim, anak juga harus belajar bagaimana menerima umpan dengan kaki. Untuk mengasah kemampuan ini, bagi anak-anak menjadi dua kelompok atau lebih, lalu minta untuk passing satu sama lain.

Menembakkan Bola
Menembakkan bola menjadi salah satu bagian dalam permainan yang paling diminati oleh anak-anak, namun menjadi bagian yang sulit dilakukan oleh anak-anak di usia muda. Sebagian besar anak-anak secara alami dapat menendang bola dengan jari kaki, tapi tidak akurat sehingga bola terbang tak menentu.

Ajarkan anak untuk menendang bola dengan sepatu khusus sepak bola. Untuk tendangan yang lebih keras dan tepat menentukan sasaran, ingatkan anak untuk mencondongkan tubuh ke depan saat kaki mengenai bola.

Bertahan atau Defense
Anak-anak di usia dini biasanya terfokus untuk melakukan serangan ke gawang lawan, tapi mereka juga perlu belajar tentang pertahanan jika ingin berkembang menjadi pemain sepak bola yang baik. Ingatkan si kecil untuk mengantisipasi di mana bola akan berada dan menjaga pemain lawan. Agar terhindar dari pelanggaran dan risiko menyebabkan cedera, ajarkan untuk menghalangi jalan lawan dan posisikan kaki di depan bola.

Lakukan latihan dasar ini dengan cara yang menyenangkan dan hindari memberikan terlalu banyak kritik. Setelah anak menguasai beberapa kemampuan dasar, tidak ada salahnya mengikutkan anak ke kompetisi untuk mengevaluasi skill-nya. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.