oleh

Ajang Gali Potensi, 3.200 Siswa MI & MTs Ikuti Porseni Kemenag Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berlangsung selama tiga hari sejak Selasa-Kamis, 27-29 Agustus 2019.

Ajang menggali potensi siswa pada bidang olah raga dan seni yang secara rutin digelar setiap 2 tahun sekali tersebut diikuti 1.936 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan 1.274 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau total peserta mencapai 3.200 siswa se-Kabupaten Sumenep.

Pada penyelenggaraan Porseni tahun 2019 ini, panitia pelaksana untuk tingkatan MI diserahkan sepenuhnya kepada KKM MI baik negeri maupun swasta dengan 12 cabang olah raga dan seni yang diperlombakan.

Sedangkan penyelenggara Porseni untuk MTs yang memperlombakan 14 cabang olah raga dan seni dalam kendali langsung Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumenep.

Pada pembukaan Porseni Kemenag Sumenep tahun 2019, Selasa (27/8/2019) yang sekaligus hari pertama lomba dimulai ditandai dengan pelepasan balon udara dan defile peserta dari depan kantor Kemenag Kabupaten Sumenep ke arah selatan menuju MTsN Sumenep di Jl. Kurma.

Kepala Kemenag Sumenep, Drs. H. Juhedi, MM.Pd.I berharap penyelenggaraan Porseni berlangsung sportif dan profesional sehingga melahirkan bibit-bibit baru yang berkualitas di bidang seni dan olah raga untuk kontingen Sumenep.

Penyelenggaraan Porseni yang bertemakan ‘Menumbuhkembangkan sikap kreatif, profesional dan sportif dalam mewujudkan manusia berprestasi dan bermartabat‘ dinilainya sangat tepat untuk dijiwai dan direalisasikan. “Selamat berlomba bagi peserta Porseni,” ucapnya.

Sementara, Kepala MTs Negeri Sumenep, H. Muksin menyampaikan, Porseni merupakan proses jenjang untuk mendapatkan bibit terbaik dalam bidang olah raga dan seni.

“Nantinya, bagi mereka yang terbaik akan memperkuat kontingen Sumenep pada ajang Porseni Kemenag Provinsi Jatim,” katanya.

Dijadwalkan, Porseni jenjang MTs Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 akan digelar di dua kota berbeda. Untuk olah raga di Kabupaten Ponorogo, dan untuk event seni di Madiun, dari tanggal 22 sampai dengan 25 Oktober 2019.

Sedangkan Porseni bagi MI tingkat Jatim dijadwalkan dari tanggal 25-26 September 2019 di Lumajang.(*)

Penulis : Putri Kuzaifah
Editor : Hartono

Komentar