oleh

2 Manfaat Kakak dan Adik Sering Bertengkar

PortalMadura.Com – Pertengkaran di dalam keluarga tidak hanya terjalin di antara orang tua, seorang kakak adik pun juga sering kali menghiasi keramaian di rumah. Entah karena sang kakak yang tidak mau mengalah atau adiknya yang terlalu egois membuat mereka saling sahut menyahut.

Suasana ini bagi sebagian orang sudah umum terjadi. Apabila orang tua merasa lelah mendengar pertengkarannya itu, tidak sedikit dari mereka yang kemudian melerai atau memisahkannya agar berhenti berdebat. Walaupun terbilang membisingkan, tapi siapa sangka jika ternyata ada manfaat di baliknya.

Sebagaimana dilansir Liputan6.com yang dikutip dalam Babyology, Psikolog Karen Young mengatakan, saudara bertengkar di rumah sangat penting dalam perkembangan anak karena hal ini membantu mengajarkan mereka bagaimana mengatasi berbagai situasi sosial yang menimpanya.

Lantas, apa saja manfaatnya?. Berikut manfaat di balik pertengkaran kakak dan adik:

Belajar Menyelesaikan Masalah

Bertengkar tidak melulu berdampak buruk pada perilaku anak, justru dengan pertikaian itu mereka bisa belajar menghadapi dan menyelesaikan masalah terlebih dahulu dari keluarganya. Termasuk bagaimana menghadapi situasi yang kontradiktif dengannya.

Maksudnya, setiap kali anak bertengkar tentunya orang tua akan mengambil peran untuk melerainya. Nah, saat itu anak setidaknya belajar mengatasi masalah internal dalam keluarga terlebih dahulu, baru kemudian ketika mengalami masalah di luar ia sudah terbiasa menyelesaikannya.

Dengan kata lain, pengalaman penanganan masalah itu lama kelamaan mampu membuatnya bisa menghadapi dengan lebih baik. Bukan hanya ketika bertemu masalah personal di rumah, tapi juga ketika harus dihadapkan pada situasi sosial di luar rumah.

Melatih Kecerdasan Sosial

Pada umumnya orang berpikir bahwa melatih kecerdasan sosial anak harus dengan didikan pengajar atau orang tua. Namun siapa yang menyangka bahwa hanya dengan persoalan sepele seperi pertengkaran kakak dan adik tersebut sudah mampu memberinya nilai pelajaran.

Sebagaimana Karen mengungkapkan, inilah hal terbaik yang bisa didapat anak-anak yang memiliki saudara di rumah, bertengkar mampu melatih kecerdasan sosial emosional mereka. Selalu ada hal yang bisa mereka pelajari ketika bertengkar.

Adapun hal-hal yang bisa mereka pelajari yaitu bisa mulai dari kesalahan, bernegosiasi, meminta maaf, atau mengenali karakter yang berbeda. Ketika anak sudah mengenal masalah maka kemungkinan besar ia juga belajar bagaimana menyelesaikannya. Dan proses penyelesaian itulah yang bisa melatih kecerdasan sosial anak.

Baca Juga : Orang Tua, Lakukan 6 Cara Ini Untuk Hentikan Pertengkaran Anak

Jadi, membiarkan anak bertengkar itu tidak masalah. Asal Anda tahu batasan atau kapan harus melerai dan meluruskan masalah antara keduanya.

Komentar