Ajari dan Rangsang Si Kecil agar Cepat Bicara dengan 4 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ajari dan Rangsang Si Kecil agar Cepat Bicara dengan 4 Cara Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Orang tua harus tahu bahwa setiap anak memiliki fase tumbuh kembang yang berbeda. Salah satunya yaitu perkembangan kemampuan berbicara. Sehingga jika anak Anda memiliki keterlambatan bicara maka Bunda jangan langsung panik. Bunda bisa merencakan untuk memberikan stimulasi yang bisa dilakukan di rumah.

Ternyata ada beberapa stimulasi ringan yang bisa Bunda lakukan untuk merangsang anak cepat bicara. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman haibunda.com yang mengutip dari Motherly. Apa saja?

Berikut ini penjelasannya:

Matikan tv
Salah satu yang bisa Bunda lakukan yaitu menghindarkan anak-anak dari tayangan televisi. Melansir Your Modern Family, kebanyakan menonton tv bisa membuat mereka malas bicara karena lebih asyik melihat film dan lagu dibanding mengoceh. Jadi, Bunda harus tegas mengenai aturan melihat televisi untuk keluarga.

“Ketika televisi menyala, orangtua cenderung tidak banyak berbicara kepada anak-anaknya. Sementara, mengingat bayi belajar dari bahasa orang-orang hidup khususnya orang tuanya maka suguhan televisi dapat merusak proses itu,”ujar Michael Rich, MD, MPH, Direktur Pusat Media dan Kesehatan Anak di Children Hospital Boston.

Reciprocal Play
Permainan ini dapat menjalin komunikasi dua arah dengan anak kecil, Bun. Sehingga, sangat pas untuk Bunda praktikkan. Caranya, gelindingkan bola kecil secara bolak balik ke anak Bunda. Biarkan mereka duduk dengan kaki terbuka dan menangkap bola pertama kali. Lalu, katakan satu, dua, tiga, dan gelindingkan bola ke mereka. Ini merupakan permainan favorit setiap bayi dan sangat sederhana serta luar biasa.

Baca Juga: Penetapan Anggota DPRD Pamekasan Terpilih Nunggu Keputusan MK

Mengulang Kata Berkali-kali
Pilih beberapa kata sederhana untuk diulangi beberapa kali. Jika Bunda ingin mendorong si kecil berbicara, libatkan kata-kata dalam rutinitas sehari-hari ya, Bun. Pilihlah beberapa kata atau frasa yang mudah untuk anak Bunda ketahui, selama mereka melewati rutinitas harian.

Ucapkan kata-kata tersebut setiap hari karena semakin banyak pengulangan akan semakin baik. Kuncinya, temukan kata-kata atau barang-barang yang Bunda tahu kalau anak Bunda sering perhatikan.

Menyanyi
Buat suara menyenangkan dan pasangkan kata dengan gerakan, Bun. Balita meniru ucapan dengan sangat baik saat dipasangkan dengan gerakan atau tindakan. Alasannya, karena bunyi lebih mudah dipelajari anak-anak daripada kata-kata.

Jadi, manfaatkan suara yang menyenangkan saat bermain dengan anak-anak, Bun. Bunda bisa menyanyikan sebuah lagu yang dikarang sendiri, untuk mengajari anak agar cepat bicara.

Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.