Viral! Rebus Air 2 Kali Bisa Bikin Keracunan, Ini Faktanya

Viral! Rebus Air 2 Kali Bisa Bikin Keracunan, Ini Faktanya
Ilustrasi (Harian Nasional)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Baru-baru ini pengguna Facebook sempat dihebohkan dengan kabar bahaya merebus air sebanyak 2 kali atau lebih. Sebagian pengguna menginformasikan bahwa air yang sudah dimasak atau mendidih tidak boleh direbus kembali, apalagi dikonsumsi.

Salah satu pengguna yang menyadari akan bahaya tersebut yaitu Widia Khoerudin. Pasalnya, dirinya kerap merebus kembali air di dalam termos ketika membuat mi instan. Sekarang ia sadar jika kebiasaan yang dilakukannya itu tidak baik bagi kesehatan.

Lantas, benarkah merebus air yang sudah matang dua kali atau lebih bisa berbahaya bagi kesehatan?. Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan berikut ini:

Sampai saat ini, kabar bahaya merebus air lebih dari satu kali belum bisa dipastikan, karena masih menjadi perdebatan. Namun, dilansir dari Suara.com yang dikutip Snopes.com, pada dasarnya merebus air sama halnya mendidihkan senyawa kimia di dalamnya lalu menguap dan melarutkan gas.

Apabila air tersebut direbus terlalu lama, bisa merusak senyawa kimia dan meningkatkan bahan kimia tertentu di dalam air. Bahkan, mineral yang sehat bagi tubuh Anda pun bisa berbahaya ketika terkonsentrasi, seperti garam kalsium yang dapat menyebabkan batu ginjal dan batu empedu jika dikonsumsi berlebihan.

Intinya, proses penguapan dan konsentrasi saat merebus air itulah yang kemungkinan besar merusak dan membentuk bahan kimia tertentu dalam air.

Baca Juga : Ini 4 Khasiat Konsumsi Air Mendidih Bagi Kesehatan

Merebus air hingga mendidih menyebabkan penguapan, tetapi juga meninggalkan kotoran yang lebih berat sehingga kemungkinan besar larut dalam air karena meningkatkan konsentrasi senyawa kimianya.

Proses itulah yang akhirnya bisa meningkatkan konsentrasi bahan kimia beracun arsenik, nitrat dan fluorida dalam air minum Anda.

Apa Itu Arsenik, Nitrat dan Fluorida?

Arsenik

Arsenik merupakan salah satu unsur yang paling beracun di dunia. Bahan kimia beracun ini bisa Anda temukan dalam persediaan air publik maupun air tanah. Racun arsenik menjadi racun yang mematikan. Tidak heran jika keracunan arsenik adalah masalah kesehatan utama di semua tempat, salah satunya di Bangladesh.

Bahkan, WHO telah menyatakan seseorang bisa mengalami masalah kesehatan kronis jika bahan kimia arsenik ini terkonsentrasi hingga 50 liter.

Nitrat

Nitrat adalah bahan kimia yang terbentuk secara alami dan mengandung ion nitrat. Anda bisa menemukan bahan kimia ini dalam air. Ketika nitrat terkena suhu tinggi, nitrat bisa berubah menjadi nitrosamin yang bersifat karsinogenik.

Selama ini nitrat telah dikaitkan dengan sejumlah penyakit berbahaya dan mematikan seperti leukemia, limfoma non-Hodkin dan sejumlah kanker, termasuk usus besar, kandung kemih, ovarium, lambung, pankreas dan kerongkongan.

Fluorida

Banyak penelitian telah melakukan riset mengenai bahan kimia fluorida. Hasilnya, bahan kimia ini bisa mengancam kesehatan Anda.

Sebagaimana riset yang telah dilakukan oleh Universitas Harvard, lebih dari 27 penelitian selama 22 tahun guna membuktikan hubungan paparan bahan kimia fluorida dengan fungsi neurologis dan kognitif pada anak-anak.

Sebuah studi 2013 juga menghubungan fluorida dengan tingkat infertilitas yang lebih rendah. Hasilnya, fluorida memang bisa mengurangi rasio sperma. Apalagi jika seseorang menelan bahan kimia fluorida ini sebanyak 100 mg di setiap air minumnya selama 8 minggu.

Itulah penjelasan mengenai merebus air, bagaimana menurut Anda?. Apakah Anda salah satu orang yang sering merebus air berkali-kali?.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.