Aksi Tak Terduga Bupati Pamekasan, Bawa Rantang Blusukan ke Rumah-rumah Lansia

Avatar of PortalMadura.com
Aksi Tak Terduga Bupati Pamekasan, Bawa Rantang Blusukan ke Rumah-rumah Lansia
Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, saat menyuapi salah satu warga di Kelurahan Barurambat Kota Pamekasan (Foto: Marzukiy @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menaiki sepeda motor sambil membawa rantang nasi ke rumah-rumah lansia di , Selasa (15/6/2021).

Warga pun dibuat terkejut dengan aksi tak biasa bupati yang akrab disapa Mas Tamam tersebut. Pertama kali orang nomor satu di itu mengunjungi rumah Mainah (71) RT 05 RW 05 Kelurahan Barurambat Kota. Kemudian, bupati mengunjungi rumah ibu Rukmiyati (65) RT 01 RW 01 di kelurahan yang sama.

Bupati murah senyum itu menyuapi orang-orang sepuh tersebut seraya mendoakan mereka agar senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Bupati pun mendapat sambutan hangat dari masyarakat sekitar lantaran menjadi bupati pertama di Pamekasan yang datang ke rumah lansia tersebut.

“Saya merasa seperti ibu sendiri, nyuapin orang sepuh itu bukan hanya sekarang. Terutama kepada umi saya di rumah,” kata Bupati Pamekasan saat di tanya wartawan.

“Mimpi apa tadi malam kamu bu Ruk kok sampe disuapin bupati, terimakasih pak bupati,” teriak salah satu perempuan paruh baya yang melihat langsung kepedulian bupati Mas Tamam tersebut.

Bupati Pamekasan, Baddut Tamam menyampaikan, pihaknya merancang program memberi jatah makan dua kali sehari kepada para lansia tersebut setelah mendapat informasi dari masyarakat tentang banyaknya lansia yang tidak mendapat perhatian dari pemerintah daerah.

Akhirnya, Pemkab Pamekasan melalui dinas sosial mengeluarkan kebijakan program memberi makan lansia setelah sebelumnya melalui verifikasi dan validasi data yang cukup panjang agar bantuan tepat sasaran sesuai dengan kategori sebagaimana yang termaktub dalam peraturan bupati. Yakni lansia hidup sebatangkara, lansia hidup bersama disabilitas tidak produktif dan lansia yang hidup bersama anak tidak produktif.

“Nanti akan ada petugas datang ke bu Ruk ini pagi dan sore pakai rantang isi nasi, ikan dan sayur. Harapan kita juga nanti bu Ruk mendapat kesehatan dari Allah, panjang umur dan program ini bisa terus berkelanjutan,” harapnya.

Bupati yang masuk dalam bursa tokoh layak memimpin Jawa Timur tersebut meminta para pengantar nasi yang bertugas mengantarkan makan dua kali sehari kepada para lansia ikhlas seperti merawat ibu sendiri agar mendapat pahala berlipat dari Allah SWT.

“Ini program luar biasa, makanya saya minta keikhlasan, kesabaran dalam memberikan pelayanan kepada seluruh lansia sebatangkara ini berjalan berpondasikan keikhlasan serta kerja profesional. Kenapa kita perlu ikhlas dan sabar serta profesional? Karena program ini melayani orang harus bersungguh-sungguh,” tandasnya.

Bupati yang sangat semangat memajukan Pamekasan ini melanjutkan, bekerja mengantarkan tambahan makanan sehat dan bergizi dua kali sehari harus dilandasi semangat perjuangan dan pengabdian.

Tahun 2021, ada 400 lansia di 13 kecamatan akan mendapat bantuan makanan sehat dua kali sehari dari pemerintah daerah yang akan diantar oleh petugas dua kali sehari. Terobosan baru Bupati Pamekasan, Baddrut Taman itu menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten.

“Terimakasih pak bupati, terimakasih,” kata Bu Ruk kepada Mas Tamam sebelum orang nomor satu di Pamekasan itu pamit kembali ke rumah dinasnya.

Sementara itu, Ketua RT 05 Kelurahan Barurambat Kota, Ahmad Dahlan mengapresiasi kerja Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam melalui program peduli lansia tersebut. Sebab, program itu menunjukkan jika pemerintah daerah peduli terhadap rakyat, terutama lansia.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.